Rabu, 27 Mei 2020

Joko Widodo Bagikan Sertifikat di Sumatera Barat

Oleh: alex
Senin, 21 Mei 2018 19:08
BAGIKAN:
istimewa.
Sertifikat.
PADANG (EKSPOSnews): Presiden RI Joko Widodo membagikan 510 sertifikat tanah wakaf untuk masjid, mushalla dan lembaga pendidikan yang ada di Sumatera Barat (Sumbar) dalam kunjungan kerja ke Padang, Senin 21 Mei 2018.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 19 perwakilan dari masing-masing kabupaten dan kota didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Masjid Jamiatul Huda Ketaping, Padang.

"Ketika ke lapangan saya sering menemukan tempat ibadah bahkan pondok pesantren yang tanahnya belum bersertifikat, beberapa diantaranya mengeluh ada sengketa lahan," kata presiden.

Menyaksikan fenomena tersebut, presiden memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk segera menyelesaikan sertifikat wakaf tempat ibadah.

"Hari ini alhamdulillah diserahterimakan 510 sertifikat kepada bapak ibu di Sumbar dan ini baru sebagian kecil, tapi paling tidak sudah dimulai," ujar dia.

Ia menambahkan dengan dibagikannya sertifikat maka tidak ada lagi peluang untuk terjadinya sengketa lahan karena sudah ada bukti hak atas tanah untuk masjid, mushalla, madrasah dan pondok pesantren.

Sementara Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan di kota-kota besar selalu ada konflik soal tanah bahkan ada yang berlangsung lama.

"Ini menjadi salah satu alasan presiden menugaskan saya agar semua tanah wakaf disertifikatkan," ujar dia.

Ia menceritakan tanah wakaf juga bisa menjadi lahan sengketa kendati yang mewakafkan adalah kakek namun oleh cucunya digugat lagi.

Oleh sebab itu, ia mengajak semua pengelola tanah wakaf untuk segera mengurus sertifikat tanah dan dalam tahun ini ditargetkan akan rampung 1.500 sertifikat.

Turut hadir dalam kunjungan Presiden, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Ketika Pemilik Warung yang Dijarah Massa Ketemu Presiden

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ismail (68), pemilik warung kopi dan mie rebus di Perempatan Sabang, Jakarta Pusat, yang menjadi korban penjarahan saat aksi ricuh 22 Mei, mengaku tak menyangka bisa bertemu Pres

  • tahun lalu

    Ribuan Hektare Lahan PTPN V Dikembalikan kepada Masyarakat

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktur Relawan Tim Kampanye Joko Widodo-Ma'ruf Provinsi Riau Sahrin mengapresiasi keputusan Presiden mengembalikan lahan sawit seluas 2.800 hektare yang selama ini dikua

  • tahun lalu

    Presiden Joko Widodo Sebut Illegal Fishing Hampir Tidak Ada Lagi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyebut sekarang ini sudah hampir tidak ada lagi praktik illegal fishing di laut Indonesia sehingga diharapkan produksi ikan nelayan dan industri perikanan

  • tahun lalu

    Joko Widodo Berdialog Interaktif dengan Pengusaha Industri Kreatif di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo bersama istri Iriana Joko Widodo berdialog interaktif dengan sejumlah pengusaha industri kreatif di Kota Banda Aceh mengenai perkemban

  • tahun lalu

    Menantu Joko Widodo Berpotensi Jadi Politikus

    BOGOR (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyebut menantunya Bobby Nasution memiliki potensi untuk terjun ke dunia politik karena feelingnya sudah mulai terasah."Yang saya lihat feeling politik sudah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99