Senin, 18 Jun 2018

Tekan Pernikahan Dini

Oleh: marsot
Rabu, 04 Apr 2018 04:57
BAGIKAN:
istimewa.
Pernikahan.
PALU (EKSPOSnews): Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palu, Sulawesi Tengah, melibatkan organisasi perangkat daerah dan lembaga lintas sektor terkait upaya menekan pernikahan dini atau usia dini.

"Stop pernikahan dini atau pernikahan usia dini dilakukan dengan melibatkan lintas sektor," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu Irmayanti Pettalolo di Palu, Selasa 3 April 2018.

Kata Irmayanti, upaya menekan pernikahan dini terus dilakukan oleh pihaknya dengan melibatkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional serta tokoh-tokoh agama, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pihak kepolisian.

Hal ini untuk memaksimalkan peran lintas sektor dengan untuk pencegahan lewat memberikan pemahaman dampak buruk perkawinan usia dini.

Menurut dia, permasalahan pernikahan dini terjadi dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga perlu adanya gerakan bersama melibatkan lintas sektor.

Misalkan, BKKBN lewat program bina remaja dan balita dan program generasi berencana dan gendre.

Program tersebut dapat disinergikan dengan berbagai lembaga dan organisasi perangkat daerah untk mengedukasi masyarakat.

Selain itu dapat memberdayakan dengan mengembangkan peran keterampilan remaja dan generasi muda agar tidak terkontaminasi dengan pergaulan bebas sehingga merugikan generasi muda sendiri.

"DP3A melibatkan BKKBN dan lintas sektor atau lembaga-lembaga lainnya yang bersentuhan dengan masalah tersebut. Hal ini agar pembinaan lebih terarah," ujarnya.

Dia mengaku bahwa angka pernikahan usia dini masih tinggi di Kota Palu. Karena itu, permasalahan tersebut menjadi salah satu fokus pihaknya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Pernikahan Dini di Jabar Tinggi

    CIKARANG (EKSPOSnews): Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengungkapkan tingkat pernikahan anak di bawah umur atau pernikahan dini di wilayah tersebut masih tinggi.

  • 4 bulan lalu

    Pernikahan Dini Masih Banyak di Asmat

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Menteri Sosial Idrus Marham mengakui jika pernikahan dini memang masih begitu banyak terjadi di Kabupaten Asmat, Papua, dan ini menjadi salah satu persoalan tersendiri yang perl

  • 11 bulan lalu

    Cegah Pernikahan Dini

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya edukasi agar tidak terjadi lagi pernikahan anak usia dini."Dari perkembangan kehidupan pendidikan dan sosial kita ma

  • tahun lalu

    Pernikahan Dini di Kalimantan Timur Melonjak

    SAMARINDA (EKSPOSnews): Kasus pernikahan dini atau anak bawah umur di Provinsi Kalimantan Timur dalam tujuh tahun terakhir cenderung meningkat, dari 113 kasus pada 2009 menjadi 385 kasus pada 2015, se

  • tahun lalu

    Pernikahan Dini Masih Tinggi

    BANYUASIN (EKSPOSnews): Pernikahan di bawah usia dini di kalangan masyarakat perairan Dusun IV Sembilang Dangku, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, tergolong tinggi, sehingga berdampak pada tin

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99