Jumat, 18 Jan 2019

Tekan Pernikahan Dini

Oleh: marsot
Rabu, 04 Apr 2018 04:57
BAGIKAN:
istimewa.
Pernikahan.
PALU (EKSPOSnews): Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palu, Sulawesi Tengah, melibatkan organisasi perangkat daerah dan lembaga lintas sektor terkait upaya menekan pernikahan dini atau usia dini.

"Stop pernikahan dini atau pernikahan usia dini dilakukan dengan melibatkan lintas sektor," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu Irmayanti Pettalolo di Palu, Selasa 3 April 2018.

Kata Irmayanti, upaya menekan pernikahan dini terus dilakukan oleh pihaknya dengan melibatkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional serta tokoh-tokoh agama, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pihak kepolisian.

Hal ini untuk memaksimalkan peran lintas sektor dengan untuk pencegahan lewat memberikan pemahaman dampak buruk perkawinan usia dini.

Menurut dia, permasalahan pernikahan dini terjadi dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga perlu adanya gerakan bersama melibatkan lintas sektor.

Misalkan, BKKBN lewat program bina remaja dan balita dan program generasi berencana dan gendre.

Program tersebut dapat disinergikan dengan berbagai lembaga dan organisasi perangkat daerah untk mengedukasi masyarakat.

Selain itu dapat memberdayakan dengan mengembangkan peran keterampilan remaja dan generasi muda agar tidak terkontaminasi dengan pergaulan bebas sehingga merugikan generasi muda sendiri.

"DP3A melibatkan BKKBN dan lintas sektor atau lembaga-lembaga lainnya yang bersentuhan dengan masalah tersebut. Hal ini agar pembinaan lebih terarah," ujarnya.

Dia mengaku bahwa angka pernikahan usia dini masih tinggi di Kota Palu. Karena itu, permasalahan tersebut menjadi salah satu fokus pihaknya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Mengajak Remaja Hindari Pernikahan Dini

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pusat Pembelaan Hak-hak Perempuan "Women's Crisis Centre" Palembang, Sumatera Selatan mengajak remaja menghindari pernikahan dini yang akhir-akhir ini masih cukup banyak d

  • satu bulan lalu

    Menekan Angka Pernikahan Dini di Lombok

    LOMBOK (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mengklaim berhasil menekan angka pernikahan dini hingga 26 persen pada 2018 melalui berbagai intervensi program.Bupati Lomb

  • satu bulan lalu

    Mencegah Pernikahan Dini

    PALANGKA RAYA (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menerbitkan surat edaran terkait pencegahan dan penghapusan pernikahan dini, sebagai salah satu upaya memberikan perlindungan ba

  • 3 bulan lalu

    Pernikahan Dini di Kalteng Melonjak

    SAMPIT (EKSPOSnews): Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah menyatakan sejumlah kabupaten di provinsi itu banyak terjadi penikahan dini atau menikah dibawa umur."

  • 5 bulan lalu

    Menekan Angka Pernikahan Dini

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Yogyakarta menyatakan meskipun kasus pernikahan dini di kota itu tergolong rendah, namun hal tersebut tidak mengendurkan semangat untuk menekan angka pernikaha

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99