Sabtu, 20 Apr 2019

Setop Pernikahan Dini!

Oleh: Jallus
Sabtu, 08 Sep 2018 03:59
BAGIKAN:
istimewa.
Pernikahan.
PALEMBANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya menggalakkan kampanye "Setop Pernikahan Dini" guna mencegah terjadinya pernikahan antara anak-anak yang berusia di bawah ketentuan Undang Undang Perkawinan.

Sesuai ketentuan Undang Undang No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan diatur batas usia pernikahan yakni 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun bagi perempuan, dan jika ada pasangan yang akan menikah usianya di bawah ketentuan itu diingatkan untuk menunda hingga batas usia tersebut, kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembag, Jumat 7 September 2018.

Menurut dia, kegiatan kampanye tersebut perlu terus digalakkan, jangan sampai hanya gencar dilakukan ketika muncul kasus pernikahan dini dan menjadi perhatian publik.

Kampanye Setop Pernikahan dini perlu dilakukan secara rutin sepanjang masa guna mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pernikahan di luar ketentuan UU Perkawinan, katanya.

Dia menjelaskan, pernikahan dini dilarang karena selain melanggar UU Perkawinan, pasangan remaja belum siap secara emosional dan reproduksional.

Dengan memberikan penjelasan secara terus menerus kepada masyarakat mengenai alasan dilarangnya pernikahan dini tersebut, kegiatan kampanye Setop Pernikahan Dini di Kota Palembang cukup efektif.

Kegiatan kampanye tersebut sejauh ini berjalan cukup efektif, karena belum ditemukan kasus pasangan remaja putra dan putri di Bumi Sriwijaya ini yang menjadi pembicaraan publik karena akan melakukan pernikahan dini.

Untuk lebih menggalakkan kegiatan kampanye tersebut, pihaknya akan memaksimalkan peran Bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPAPM) turun ke kawasan permukiman penduduk, ujar Sekda.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Pernikahan Dini di Sleman Meningkat

    SLEMAN (EKSPOSnews): Permohonan dispensasi pernikahan dini di kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam lima tahun terakhir cukup tinggi berkisar pada angka 80 permohonan."Berdasar data lima

  • satu bulan lalu

    Yogyakarta Berupaya Cegah Pernikahan Anak-Anak

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Upaya Pemerintah Kota Yogyakarta mencegah pernikahan usia anak semakin kuat dengan terbitnya Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pencegahan Perkawinan An

  • 3 bulan lalu

    Pernikahan Dini Akibat Pergaulan Bebas

    REJANG LEBONG (EKSPOSnews): Pengadilan Agama (PA) Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan maraknya kasus pernikahan dini di wilayah itu akibat dipengaruhi pergaulan bebas."Perni

  • 4 bulan lalu

    Pernikahan Dibawah Tangan Semakin Marak

    LEBAK (EKSPOSnews): Pernikahan "dibawah tangan" di Provinsi Banten hingga kini cukup tinggi, karena berbagai faktor di antaranya ketidakpahaman masyarakat terhadap aturan pemerintah."Kita berharap ke

  • 4 bulan lalu

    Mengajak Remaja Hindari Pernikahan Dini

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pusat Pembelaan Hak-hak Perempuan "Women's Crisis Centre" Palembang, Sumatera Selatan mengajak remaja menghindari pernikahan dini yang akhir-akhir ini masih cukup banyak d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99