Rabu, 18 Sep 2019

Pernikahan Muda di Gunung Kidul Melonjak

Sabtu, 29 Okt 2016 05:05
BAGIKAN:
ist
Pernikahan muda (ilustrasi).

YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Kasus pernikahan dini yang terjadi di Kabupaten Gunung Kidul, tercatat sebagai angka tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Di DIY, kasus pernikahan dini paling banyak terjadi di Kabupaten Gunung Kidul 11,29 persen," ujar Sosiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Partini saat ditemui di Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat 28 Oktober 2016.

Sementara itu, kata dia, tingkat pernikahan dini di daerah lainnya di DIY sebagai berikut, Kota Yogyakarta 7,79 persen, Kabupaten Bantul 7,30 persen, Kabupaten Kulonprogo 7,28 persen, dan Kabupaten Sleman 5,07 persen.

Ia mengatakan, pada usia remaja atau usia SMP, merupakan masa transisi di mana sang anak suka meniru dan suka mencoba pada hal-hal yang baru.

"Umumnya, anak remaja masih tergantung pada lingkungan sosialnya dan anak belum mampu mandiri, tapi sudah ingin dilepas oleh orang tuanya untuk belajar mandiri," jelas Partini yang juga Guru Besar Fisipol UGM.

Senada dengan itu, Peneliti Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT) UGM Fatkurrohman mengatakan, pernikahan anak merupakan salah satu masalah bersama yang dihadapi dunia, termasuk Indonesia.

Menurut dia, di Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi kedua setelah Kamboja dalam menyumbang angka pernikahan anak.

Dalam upaya pencegahan pernikahan anak, katanya, anak perlu diberi pemahaman untuk mengenali, memahami, dan berani membela dirinya terhadap bentuk-bentuk kekerasan seksual, kesehatan reproduksi, dan penyadaran akan hak-haknya sebagai manusia dan warga negara.

"Kelompok rentan tersebut tidak hanya anak perempuan, tetapi juga pada anak laki-laki yang perlu diberi pemahaman terhadap kekerasan seksual sehingga mereka tidak menjadi korban dan pelaku," ungkap dia.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Warga Gunung Kidul Kekurangan Air Bersih

    GUNUNG KIDUL (EKSPOSnews): Sebanyak 100 ribu jiwa yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami krisis air bersih akibat anomali cuaca yang sangat para

  • 2 tahun lalu

    Manfaatkan Rusunawa

    GUNUNG KIDUL (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan masyarakat kurang mampu memanfaatkan rumah susun sewa sederhana, karena sejak dibuka Februari 201

  • 2 tahun lalu

    Pernikahan Muda di Cianjur Tak Terkontrol

    CIANJUR (EKSPOSnews): Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan (DPPKBP) Cianjur Provinsi Jawa Barat, mencatat angka pernikahan dini masih tinggi di wilayah tersebut."Program pendewa

  • 3 tahun lalu

    Angka Pernikahan Dini di Gunung Kidul Turun

    GUNUNG KIDUL (EKSPOSnews): Angka pernikahan dini di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus menurun berkat komitmen pemerintah setempat menekan dengan deklarasi antipernikahan din

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99