Kamis, 27 Jun 2019

Perempuan Sangat Sentral dalam Mendidik Anak

Oleh: Jallus
Senin, 22 Apr 2019 04:31
BAGIKAN:
istimewa.
Anak dan ibu.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Orangtua khususnya kaum ibu memiliki peran penting dalam membina rumah tangga dan mendidik anak sejak dini sebagai masa depan bangsa, kata Psikolog Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Provinsi Aceh, Endang Setianingsih.

"Selain mengejar karir, kaum perempuan harus mengutamakan keluarganya terkhusus dalam mendidik anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa," kata Endang Setianingsih di Banda Aceh, Minggu 21 April 2019.

Hari Kartini yang diperingati setiap tahun katanya, menjadi momentum untuk mengevaluasi diri serta mempergunakan waktu dengan maksimal untuk mendidik anak-anak.

"Tugas utama kaum ibu dan sangat mulia disisi Allah SWT adalah mendidik anak-anak," kata Pendiri Himpunan Psikologi (HIMPSI) Aceh.

Dewasa ini kata dia, kasus kekerasan terhadap perempuan begitu tinggi di Aceh dan jika tidak dicegah berpotensi mengganggu psikologis anak.

Lebih lanjut ia menyatakan, sudah seharusnya kaum perempuan mendapat perlindungan dan perhatian lebih dari kepala keluarga serta memastikan tidak terjadi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Jika ibu memberikan perhatian lebih untuk anak-anaknya serta mendapat dorongan dari suami, maka dengan sendirinya anak akan tumbuh kembang sebagai generasi hebat dimasa yang akan datang," ujar Endang Setianingsih yang juga aktif di Bimbingan dan Konsultasi Keluarga Sakinah Aceh.

Pada kesempatan itu, Endang Setianingsih juga berharap dukungan dari berbagai unsur guna mencengah terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan.

Jika para pihak berkomitmen melindungi perempuan dan anak, rumah tangga pun sehat lagi tenteram atau sakinah mawaddah dan warahmatullahi.

"Saya sangat optimis jika semua unsur memberikan perhatian lebih pada keluarga dan anak, maka masa depan negeri ini akan lebih baik," ucap psikolog kelahiran Bireuen itu.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Pemasok Senjata untuk Perusuh Mei Seorang Perempuan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mabes Polri menyebutkan pemasok senjata untuk kerusuhan aksi 22 Mei 2019 adalah seorang perempuan berinisial AF alias Fifi, warga Rajawali, Pancoran, Jakarta Selatan.Kadiv Humas

  • 2 bulan lalu

    Mendidik Anak dengan Cara Dialogis

    AMBON (EKSPOSnews): Aktivis perempuan dan anak asal Maluku, Lies Marantika mengimbau orang tua di Indonesia untuk mendidik anak-anaknya dengan cara dialogis."Kebanyakan orang tua kita tidak dialogis d

  • 3 bulan lalu

    Kewiraushaaan Perempuan Indonesia Tertinggal

    JAKARTA (EKSPOSnews): Laporan yang disusun Ketua Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) Valencia Dea menunjukkan bahwa kewirausahaan perempuan Indonesia tertinggal dibandingkan Kanada.Laporan yang

  • 4 bulan lalu

    50 Perempuan Meninggal Setiap Hari karena Kanker Serviks

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli kesehatan  Venita menyebutkan sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker serviks yang berarti 18.000 lebih perempuan Indonesia meninggal dal

  • 4 bulan lalu

    Kekerasan Terhadap Perempuan Tanggung Jawab Bersama

    PURWOKERTO (EKSPOSnews): Penanganan persoalan kekerasan terhadap perempuan merupakan tanggung jawab bersama, kata Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Korban Kekerasan Berbasis Gender dan Anak (

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99