Minggu, 23 Sep 2018

Perempuan Indonesia Jadi Inspirator

Oleh: marsot
Sabtu, 15 Sep 2018 04:21
BAGIKAN:
istimewa.
Perempuan (ilustrasi).
YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo dalam sambutannya pada acara pembukaan Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) dan Temu Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia memperkenalkan nama Rini Sugianto, seorang animator film-film Hollywood termasuk Avengers, sebagai inspirator bagi perempuan Indonesia.

"Saudari Rini Sugianto, banyak kita yang tidak tahu, adalah animator terbaik yang dipakai film-film Hollywood," kata Jokowi mengenalkan nama Rini saat membuka acara tersebut di Pendopo Balkondes, Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Jumat 14 September 2018.

Rini merupakan salah satu animator pada film-film Hollywood yang terkenal di antaranya The Avengers dan Ironman 3.

Dia pernah bekerja di Weta Studio Selandia Baru, dan beberapa waktu lalu bekerja untuk Tippet Studio, di Berkeley, California.

Jokowi juga berpesan agar perempuan Indonesia menjadi ibu bangsa.

"Jadilah ibu bangsa wahai perempuan Indonesia. Ini adalah sebuah tanggung jawab besar perempuan Indonesia untuk menjadi ibu bangsa," kata Presiden dalam sambutannya di acara tersebut pada Jumat.

Menurut Jokowi, banyak perempuan Indonesia yang berkiprah baik dalam pemerintahan maupun berprestasi dalam ajang pertandingan olahraga mengharumkan nama bangsa.

Sejumlah tokoh perempuan inspirator yang disebut antara lain Muryati Soedibyo, Meutia Hatta, Butet Manurung seorang pengajar bagi Suku Anak Dalam di Jambi, Sinta Nuriyah Wahid sebagai pejuang toleransi, Mama Aleta Baun seorang pejuang lingkungan hingga ibu kembar Sri Rosyati dan Sri Irianingsih perintis sekolah darurat Kartini untuk anak-anak jalanan.

"Saya kira banyak kiprah-kiprah wanita dan kiprah-kiprah perempuan serta kiprah-kiprah ibu-ibu di negara kita yang tidak kalah dengan negara-negara lain," ujar Jokowi.

Tidak hanya di bidang olahraga dan hiburan, srikandi-srikandi Indonesia juga berperan dalam upaya penjagaan perdamaian dunia.

"Baru saja saya juga memberangkatkananggota TNI ke Lebanon. Ada 24 srikandi yang termasuk dalam pasukan perdamaian PBB asal Indonesia di Lebanon di UNIFIL," kata Jokowi.

Sejumlah rangkaian diskusi telah dilakukan dalam Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) dan Temu Nasional 1.000 organisasi perempuan dengan membahas tentang penentangan kekerasan terhadap perempuan, kesetaraan hak, perlindungan bagi perempuan dan anak.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99