Senin, 20 Mei 2019

Perceraian di Bangka Belitung Tinggi

Oleh: marsot
Rabu, 03 Apr 2019 05:10
BAGIKAN:
daily mail.
Perceraian (ilustrasi).
PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mewajibkan calon pengantin memiliki sertifikat siap nikah, guna menekan angka perceraian di daerah itu.

"Saat ini angka perceraian di Babel tertinggi di Indonesia," kata Erzaldi Rosman Djohan saat kegiatan pertemuan penghulu se-Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Selasa 2 April 2019.

Ia mengatakan warga sebelum melaksanakan akad nikah harus mendapatkan sosialisasi dan pendidikan pranikah di desa, kelurahan, kecamatan, KUA dan kabupaten/kota.

"Warga yang akan menikah harus memiliki sertifikat siap nikah, apabila tidak ada sertifikat ini maka pernikahan tersebut tidak diperbolehkan, karena akan memicu peningkatan kasus perceraian," ujarnya.

Mantan Bupati Bangka Tengah itu mencontohkan kasus perceraian di Kabupaten Bangka Tengah pada 2018 mencapai 478 kasus, karena tingginya pernikahan dini di daerah itu.

Menurut dia, untuk mendapatkan sertifikat siap nikah ini, pasangan calon pengantin harus mengikuti sosialisasi dan pendidikan di kelurahan minimal delapan jam, kecamatan enam jam dan kabupaten empat jam.

Setelah pasangan calon pengantin menjalani proses pendidikan dan sosialisasi tersebut, maka akan diberikan sertifikat siap nikah.

"Selama ini pendidikan dan sosialisasi nikah ini tidak lebih enam jam dan itupun buru-buru dilakukan, sehingga banyak pasangan suami istri tidak paham tujuan dalam berumah tangga," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Menekan Angka Perceraian di Lingkungan ASN

    JAMBI (EKSPOSnews):  Wakil Wali Kota hJambi, M Maulana mewacanakan keterlibatan psikolog dalam proses mediasi untuk mencegah tingkat perceraian aparatur sipil megara (ASN) di daerah itu."Saya ber

  • satu bulan lalu

    Angka Perceraian di Depok Melonjak

    DEPOK (EKSPOSnews): Angka angka perceraian di Kota Depok Jawa Barat dalam dua tahun terakhir terus meningkat yang diakibatkan adanya perselisihan yang terus-menerus dalam rumah tangga."Memang penyebab

  • 2 bulan lalu

    Perceraian di Ogan Komering Ulu Meningkat

    BATURAJA (EKSPOSnews): Pengadilan Agama Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, pada tahun ini menerima sebanyak 61 berkas pengajuan cerai yang diajukan oleh masyarakat di wil

  • 2 bulan lalu

    Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Bangka Belitung

    PANGKAL PINANG (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyerahkan 2.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Provinsi Bangka Belitung untuk menghindari sengketa."Yang masuk ke telinga saya sengketa tanah

  • 3 bulan lalu

    Perselisihan Kecil Picu Perceraian Rumah Tangga

    JAKARTA (EKSPOSnews): Psikolog keluarga Oriza Sativa mengemukakan perselisihan-perselisihan kecil dalam rumah tangga merupakan salah satu penyebab signifikan perceraian."Berdasarkan penelitian terbukt

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99