Kamis, 24 Agu 2017

Pemprov Banten Bantu Lansia

Oleh: Jallus
Jumat, 24 Mar 2017 19:44
BAGIKAN:
istimewa
Membantu lansia.
SERANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial mengalokasikan anggaran bantuan sosial untuk lanjut usia sebesar Rp3,7 miliar pada 2017.

"Total sebanyak 2.500 lansia yang akan mendapatkan dana bantuan sosial masing-masing Rp1,5 juta," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Banten Dede Siti Eka usai Pertemuan Pendamping Lansia 2017 di Aula Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Banten, Serang, Jumat 24 Maret 2017.

Ia mengatakan bansos lansia tersebut sudah berjalan sejak 2012 sebagai komitmen pemprov dalam memberikan pelayanan perlindungan kepada lansia.

"Tujuannya agar tidak ada lagi lansia yang telantar di Banten dan meringankan beban para lansia di Banten," kata Dede didampingi Kasi Anak dan Lanjut Usia Dima Suryaman dan Pelaksana Teknis Alamudin.

Menurut Dede, rencananya bansos lansia tersebut akan dicairkan pada Juni melalui PT Pos Indonesia.

"Para pendamping akan membantu para lansia dalam pencairan bansos itu dan memantau kondisi lansia," katanya.

Ia mengatakan bansos lansia sudah berjalan sejak 2012. Awalnya Pemprov Banten mengalokasikan Rp 2,8 miliar untuk 800 lansia yang tersebar di 8 kabupaten/kota.

Kemudian pada 2013 jumlah penerima lansia bertambah menjadi 1.200 orang masing-masing mendapat Rp 1,2 juta.

"Pada 2015 bertambah lagi menjadi 2.440 orang dengan nominal Rp1,5 juta. Di 2016 jumlahnya sama dengan 2017 ini," katanya.

Selain itu, di Banten juga terdapat 1.250 lansia yang mendapat bantuan melalui program Kementerian Sosial yaitu Asistensi Sosial Lanjut Usia (Aslut) sebesar Rp200 ribu per bulan selama 10 bulan.

"Penerimanya di luar bansos lansia program daerah, supaya tidak double dengan Aslut. Karena sebenarnya masih banyak juga lansia yang belum tercover," kata Kasi Anak dan Lanjut Usia, Dima Suryaman.

Berbeda dengan Aslut, kata dia, bansos lansia akan langsung dibayarkan penuh.

"Bansos lansia itu langsung dibayarkan Rp1,5 juta, tidak bertahap," katanya.

Ia mengatakan total pendamping lansia di Banten sebanyak 109 orang, delapan di antaranya merupakan koordinator masing-masing kabupaten/kota se- Banten.

Dinas Sosial Banten memberikan pengarahan untuk teknis pendampingan terhadap lansia saat akan mencairkan dana bansos tersebut.

"Setiap bulan pendamping juga diberi honor karena tugas dan perannya sangat berat, karena selain pendampingan juga mendata penerima pada tahun berikutnya," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Rumah Lansia di Gorontalo

    GORONTALO (EKSPOSnews): Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo meresmikan rumah warga lanjut usia (lansia) kurang mampu, Agu Antu (70), di Desa Pentadio Timur Kecamatan Telaga Biru, yang dibangun Karang T

  • 2 bulan lalu

    Lansia Terima Jatah Hidup

    KANDANGAN (EKSPOSnews): Sebanyak 760 orang lanjut usia (Lansia) di Negara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, menerima santunan jaminan hidup.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hu

  • 5 bulan lalu

    Kurang Tidur bagi Lansia Sebabkan Banyak Penyakit

    SAN FRANCISCO (EKSPOSnews): Beberapa peneliti di University of California, Berkeley, telah mendapati kebutuhan tidur yang tidak tercukupi pada orang lanjut usia meningkatkan risiko mereka kehilangan i

  • 6 bulan lalu

    Siapa yang Urusi Lansia di Jakarta?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Lansia terlantar di DKI Jakarta yang dirawat di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) milik Dinas Sosial DKI Jakarta hingga kini tercatat sebanyak 1.111 orang."Di PSTW 1 ada 465 oran

  • 6 bulan lalu

    Kaum Lansia Diminta Ikut Kampanye Budaya Hidup Sehat

    MEDAN (EKSPOSnews): Kalangan lanjut usia diminta untuk turut mengampanyekan budaya hidup sehat sehingga tingkat kesehatan masyarakat terus dapat meningkat."Mari kita buktikan bahwa lanjut usia (lansia

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak