Rabu, 18 Sep 2019

Pasangan Nikah Muda di Jambi Melonjak

Jumat, 28 Okt 2016 05:04
BAGIKAN:
ist
Pernikahan dini (ilustrasi).

JAMBI (EKSPOSnews): Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Jambi mencatat sebanyak 402 pasangan atau tiga persen dari jumlah pasangan usia subur di daerah itu menikah dini pada 2016.

"Total Pasangan Usia Subur sekitar 86 ribu dan tiga persen menikah dibawah usia 20 tahun, dan ini termasuk menikah dini, mereka yang menikah dini itu karena berbagai faktor," kata Kepala BPPKB Kota Jambi Rasyid Ridhonya di Jambi, Kamis 27 Oktober 2016.

Salah satu faktor pasangan menikah dini itu diantaranya masalah kesenjangan ekonomi dan tingkat pendidikan atau putus sekolah dan lainnya.

Dalam usia pernikahan yang diatur oleh BKKBN kata Rasyid idealnya untuk wanita berusia 21 tahun ke atas, sedangkan untuk pria idealnya usia 25 tahun.

"Karena kalau di bawah usia 20 tahun itu kesiapan reproduksi wanita dalam melahirkan masih labil, sebab itu usia wanita yang ideal menikah itu sebaiknya di atas 21 tahun," katanya.

Dari data 402 pasangan yang menikah dini tersebut dirincikan masing-masing wilayah kecamatan di Kota Jambi. Diantaranya Kecamatan Telanaipura ada 70 pasangan, Jambi Selatan 83 pasangan dan Jambi Timur 65 pasangan.

Kemudian Kecamatan Pasar delapan pasangan, Pelayangan 15 pasangan, Danau Teluk 28 pasangan, Kota Baru 92 pasangan dan Jelutung 41 pasangan.

Namun, kata Rasyid, pasangan pernikahan dini itu jumlahnya tergolong masih rendah jika dibandingkan dengan daerah kabupaten khususnya yang berada di wilayah pedesaan.

"Pernikahan dini di Kota Jambi ini masih rendah, berbeda di daerah lain di pedesaan yang cenderung dengan jumlah yang tinggi," katanya. (ant)


  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Kejati Jambi Tahan 3 Pelaku Korupsi Kredit Bank Mandiri

    JAMBI (EKSPOSnews): Jaksa Kejaksaan tinggi (Kejati) Jambi menahan ketiga tersangka dugaan korupsi layanan Kredit Serba Guna Mikro (KSM) 2013-2015 di Bank Mandiri Jambi yang merugikan negara senilai Rp

  • 5 bulan lalu

    Menekan Angka Perceraian di Lingkungan ASN

    JAMBI (EKSPOSnews):  Wakil Wali Kota hJambi, M Maulana mewacanakan keterlibatan psikolog dalam proses mediasi untuk mencegah tingkat perceraian aparatur sipil megara (ASN) di daerah itu."Saya ber

  • 5 bulan lalu

    Jambi Jadi Pintu Penyelundupan Lobster

    JAMBI (EKSPOSnews): Anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tajungjabung Timur (Tanjabtim), Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster sebanyak 246.673 ekor yang dikemas dalam

  • 7 bulan lalu

    BNN Jambi Tangkap KUrir Narkoba di Bandara

    JAMBI (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional (BNN) Jambi menangkap dua orang kurir narkoba jenis sabu seberat 200 gram di Bandara Sultan Thaha Jambi setelah terbang dari Batam, Sabtu malam.Salah seora

  • 7 bulan lalu

    Ikan Patin dari Muarojambi

    JAMBI (EKSPOSnews): Produksi ikan patin para petani di Kabupaten Muarojambi menduduki urutan teratas dibandingkan dengan hasil budidaya ikan jenis lainnya di daerah itu."Tingkat produksi ikan patin se

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99