Minggu, 19 Nov 2017

Lindungi Perempuan dari Bahaya Narkoba

Oleh: alex
Selasa, 19 Sep 2017 04:53
BAGIKAN:
istimewa.
Narkoba.
PALEMBANG (EKSPOSnews): Pusat pembelaan hak-hak perempuan "Women's Crisis Centre" Palembang, Sumatera Selatan berupaya melindungi perempuan terutama remaja putri dari bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya.

"Remaja putri rentan menjadi korban penyalahgunaan narkoba, kondisi ini perlu diantisipasi dangan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran perempuan di daerah ini untuk tidak tergoda mengkonsumsi barang terlarang itu," kata Ketua Women's Crisis Centre (WCC) Palembang Yeni Roslaini Izi, di Palembang, Senin 18 September 2017.

Menurut dia, untuk melindungi perempuan dari bahaya narkoba, dalam setiap kesempatan melakukan pertemuan dengan masyarakat, pihaknya berupaya mensosialisasikan bahaya mengkonsumsi narkoba.

"Akhir-akhir ini banyak perempuan menjadi korban penyalahgunaan narkoba, akibat pengaruh dari teman laki-laki, suami, dan pergaulan, kondisi ini akibat kurangnya pengetahuan mengenai bahaya narkoba bagi kesehatan dan sanksi hukumnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dilakukan melalui media massa cetak dan elektronik, serta melalui tatap muka langsung ke perkumpulan ibu-ibu dan remaja putri, kawasan permukiman penduduk, sekolah, dan kampus perguruan tinggi Dalam melakukan kegiatan sosialisasi mengenai dampak negatif narkoba itu, pihaknya bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) daerah setempat dan sejumlah kelompok masyarakat.

Kaum perempuan seperti ibu-ibu dan remaja putri perlu dibekali pengetahuan mengenai sanksi hukum dan bahaya mengkonsumsi narkoba sehingga tidak mudah terpengaruh dalam pergaulan untuk mencoba barang terlarang itu.

Sekarang ini mulai banyak ibu-ibu dan remaja putri terjerumus di lobang "narkoba" karena terpengaruh teman-teman sepergaulan bahkan ada yang terpengaruh dari suami atau teman dekat laki-lakinya.

Selain menjadi korban penyalahgunaan narkoba, tidak sedikit kaum perempuan terjebak dalam lingkaran pengedar barang yang terlarang itu.

Melalui upaya perlindungan itu, diharapkan perempuan di daerah ini memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bahaya narkoba dan sanksi hukumnya, sehingga bisa menjadi benteng yang kuat bagi perempuan untuk menghindari narkoba yang dapat merusak masa depannya dan generasi penerus bangsa.

Perempuan yang memiliki pengetahuan yang cukup, diharapkan pula bisa menjadi juru kampanye yang efektif bagi anggota keluarga dan masyarakat di sekitar lingkungannya agar tidak terjerumus menjadi pengguna dan pengedar narkoba, kata Yeni.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Polisi Tembak Pengedar Narkoba

    MEDAN (MM): Personel Polsek Sunggal menembak dua pengedar narkoba jenis ganja seberat 37 kg di Hotel Maltra In Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang.Kapolsek Sunggal Ko

  • satu minggu lalu

    BNN Amankan 4 Jaringan Narkoba Internasional

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional (BNN) mengamankan empat tersangka jaringan narkoba internasional dari Malaysia, Myanmar, dan Thailand."Keempat tersangka kini berada di kantor BNN Cawang

  • 2 minggu lalu

    Peredaran Narkoba di Medan Sudah Menggila

    MEDAN (EKSPOSnews): Gerakan Nasional Anti Narkotika Sumatera Utara, menilai Sumut tidak hanya dijadikan sebagai tempat transit narkoba, tetapi juga merupakan daerah perdagangan gelap barang haram ters

  • 4 minggu lalu

    BNN Musnahkan Ratusan Kilogram Sabu-Sabu di Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional memusnahkan 191 kilogram sabu-sabu, 344 butir sabu-sabu tablet, 43.450 butir ekstasi, dan 520 kilogram ganja di Lapangan Merdeka, Medan, Pemusnahan batang

  • 4 minggu lalu

    Polisi Musnahkan Barang Bukti Narkoba

    RANTAUPRAPAT (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Labuhanbatu, Sumatera Utara, memusnahkan barang bukti narkotika hasil tindak pidana periode Juli hingga September 2017 di halaman Mapolres setempat."Pemusna

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99