Minggu, 21 Jan 2018

Lindungi Perempuan dari Bahaya Narkoba

Oleh: alex
Selasa, 19 Sep 2017 04:53
BAGIKAN:
istimewa.
Narkoba.
PALEMBANG (EKSPOSnews): Pusat pembelaan hak-hak perempuan "Women's Crisis Centre" Palembang, Sumatera Selatan berupaya melindungi perempuan terutama remaja putri dari bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya.

"Remaja putri rentan menjadi korban penyalahgunaan narkoba, kondisi ini perlu diantisipasi dangan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran perempuan di daerah ini untuk tidak tergoda mengkonsumsi barang terlarang itu," kata Ketua Women's Crisis Centre (WCC) Palembang Yeni Roslaini Izi, di Palembang, Senin 18 September 2017.

Menurut dia, untuk melindungi perempuan dari bahaya narkoba, dalam setiap kesempatan melakukan pertemuan dengan masyarakat, pihaknya berupaya mensosialisasikan bahaya mengkonsumsi narkoba.

"Akhir-akhir ini banyak perempuan menjadi korban penyalahgunaan narkoba, akibat pengaruh dari teman laki-laki, suami, dan pergaulan, kondisi ini akibat kurangnya pengetahuan mengenai bahaya narkoba bagi kesehatan dan sanksi hukumnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dilakukan melalui media massa cetak dan elektronik, serta melalui tatap muka langsung ke perkumpulan ibu-ibu dan remaja putri, kawasan permukiman penduduk, sekolah, dan kampus perguruan tinggi Dalam melakukan kegiatan sosialisasi mengenai dampak negatif narkoba itu, pihaknya bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) daerah setempat dan sejumlah kelompok masyarakat.

Kaum perempuan seperti ibu-ibu dan remaja putri perlu dibekali pengetahuan mengenai sanksi hukum dan bahaya mengkonsumsi narkoba sehingga tidak mudah terpengaruh dalam pergaulan untuk mencoba barang terlarang itu.

Sekarang ini mulai banyak ibu-ibu dan remaja putri terjerumus di lobang "narkoba" karena terpengaruh teman-teman sepergaulan bahkan ada yang terpengaruh dari suami atau teman dekat laki-lakinya.

Selain menjadi korban penyalahgunaan narkoba, tidak sedikit kaum perempuan terjebak dalam lingkaran pengedar barang yang terlarang itu.

Melalui upaya perlindungan itu, diharapkan perempuan di daerah ini memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bahaya narkoba dan sanksi hukumnya, sehingga bisa menjadi benteng yang kuat bagi perempuan untuk menghindari narkoba yang dapat merusak masa depannya dan generasi penerus bangsa.

Perempuan yang memiliki pengetahuan yang cukup, diharapkan pula bisa menjadi juru kampanye yang efektif bagi anggota keluarga dan masyarakat di sekitar lingkungannya agar tidak terjerumus menjadi pengguna dan pengedar narkoba, kata Yeni.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Polda Jambi Gagalkan Pengiriman Narkoba

    JAMBI (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jambi berhasil menggagalkan pengiriman narkotika dalam jumlah besar berupa sembilan kilogram sabu-sabu dan 21.225 butir pil ekstasi

  • 2 minggu lalu

    Isteri Wakil Wali Kota Gorontalo Tersangka Narkoba

    GORONTALO (EKSPOSnews): Wanita berisinial SD istri Wakil Wali Kota Gorontalo Charles Budi Doku resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo.Kepala BNNP Go

  • 2 minggu lalu

    Kerusuhan di LP Banda Aceh, Polisi Temukan Narkoba

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepolisian menyita narkotika dan obat terlarang setelah kerusuhan diwarnai dengan pembakaran bangunan penjara dan mobil polisi di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas IIA Banda

  • 3 minggu lalu

    Kasus Narkoba di Bangka Belitung Melonjak

    TOBOALI (EKSPOSnews): Kepolisian Resort Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat terdapat 23 kasus penyalahgunaan narkoba selama tahun 2017 atau meningkat dibandingkan tahun sebelum

  • 4 minggu lalu

    79 Tersangka Narkoba Tewas Ditembak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sepanjang tahun 2017 tercatat 79 orang yang menjadi tersangka kasus narkotika dan obat-obatan terlarang tewas tertembak petugas Badan Narkotika Nasional."Ke-79 orang tersangka ya

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99