Rabu, 22 Nov 2017
  • Home
  • Humaniora
  • Kemensos Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Sinabung

Kemensos Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Sinabung

Oleh: Alex
Selasa, 22 Agu 2017 13:39
BAGIKAN:
istimewa
Bantuan dari Kemensos.
KABANJAHE (EKSPOSnews): Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan sejumlah bantuan kemanusiaan di Provinsi Sumatera Utara, baik berupa materi mau nonmateri dalam puncak peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia 2017.

Dalam pemberian bantuan di lokasi reloksi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di kawasan Siosar, Kabupaten, Karo, Kementerian Sosial bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Nikmat mengatakan bantuan yang diberikan itu berupa bantuan jaminan hidup senilai Rp2,164 miliar untuk 624 kepala keluarga (KK) warga Desa Kutarayat yang telah kembali dari pengungsian.

Kemudian, pemberian paket sembako sebanyak 1.011 paket untuk penghuni hunian tetap di kawasam Siosar, Kecamatan Merek dan penerima jaminan hidup dari Desa Kutarayat senilai Rp202,2 juta.

Pemberian dana untuk program penguatan kearifan lokal dan keserasian sosial di Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo senilai Rp159 juta, dan penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) untuk 9.052 keluarga senilai Rp17,1 mikiar.

Demikian juga dengan bantuan beras sejahtera (rastra) untuk 19.042 keluarga senilai Rp26,118 miliar, bantuan sosial bagi penyandang disabilitas, dan bantuan bagi kelompok lanjut usia.

Kemensos juga memberikan bantuan kaca mata, menggelar donor darah, dan menyalurkan paket kepada 300 anak bekerja sama dengan Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) Sumatera Utara.

Melalui kerja sama dengan MDMC dan Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kemensos juga memberikan pelayanan berupa dukungan psikososial dan kesehatan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.

"Melalui kerja sama dengan BRI, diberikan 300 paket sembako. Sedangkan bersama Bank Mandiri disalurkan 1.000 paket sembako untuk warga Sumatera Utara," ujarnya, Selasa 22 Augustus 2017.

Kemensos juga melepaskan relawan Bank Mandiri untuk diterjunkan dalam rangka pencairan PKH di Kabupaten Batubara. "Mereka adalah karyawan Bank Mandiri yang rela menjadi penyalur PKH di Kabupaten Batubara," katanya di hadapan Mensos Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi, dan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Kemensos juga memberikan penghargaan bagi pelajar SMA Negeri 1 Barusjahe Veronica Tarigan yang menjadi juara pertama Kejuaraan Gulat Piala Guberur Sumatera Utara kelas 49 kg puteri.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Bantuan Mesin untuk Petani Kopi Jayawijaya

    WAMENA (EKSPOSnews): Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengajak petani kopi menggunakan peralatan modern yang diserahkan bagi kelompok tani dan pengusaha kopi di Distrik Wolo, Kabu

  • 2 minggu lalu

    Bantuan Fakir Miskin Melenceng dari Sasaran

    TAPAKTUAN (EKSPOSnews): Forum Pemantau dan Kajian Kebijakan Pemerintah (Formak) mengungkapkan penyaluran paket bantuan peralatan kerja tahun 2017 untuk masyarakat fakir miskin di Kabupaten Aceh Selata

  • 2 minggu lalu

    Pelindo 1 Serahkan Bantuan kepada Nelayan Belawan

    BELAWAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyerahkan bantuan Program Bina Lingkungan kepada masyarakat Bagan Deli, Belawan pada Jumat 03 November 2017 yang bertempat di

  • satu bulan lalu

    Mantan PSK Butuh Bantuan Permodalan

    REJANG LEBONG (EKSPOSnews): Wakil Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Iqbal Bastari menyebutkan, 35 mantan pekerja seks komersial di daerah itu membutuhkan bantuan permodalan untuk mengembangkan

  • 2 bulan lalu

    Bantuan Bibit Kemenyan TPL Mengecewakan

    MEDAN (EKSPOSnews): Bantuan bibit Kemenyan (Styrax Sp) yang diberikan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL) kepada masyarakat mengecewakan karena lebih banyak bibit durame.Pembagian bibit kemenyan sering

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99