Sabtu, 29 Apr 2017
  • Home
  • Humaniora
  • Kekerasan dalam Rumah Tangga di Bangka Belitung Meningkat

Kekerasan dalam Rumah Tangga di Bangka Belitung Meningkat

Oleh: Marsot
Jumat, 21 Apr 2017 18:02
BAGIKAN:
istimewa
Suami isteri bertengkar.
SUNGAILIAT (EKSPOSnews): Yayasan Nurmala Dewi di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 24 kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga akhir Maret 2017.

"Sampai akhir Maret 2017 kami mencatat 24 kasus KDRT dengan berbagai persoalan, mulai dari karena faktor ekonomi sampai faktor orang ketiga," kata Nurmala Dewi, ketua yayasan itu di Sungailiat, Jumat 21 April 2017.

Menurut dia jumlah itu cukup tinggi dan menjadi pekerjaan rumah bersama agar dapat ditekan seminimal mungkin.

"Sangat disayangkan di hari Kartini yang sudah ke-138 kasus KDRT masih muncul di permukaan meskipun tetap karena berbagai sebab," katanya.

Dia menyebutkan pihaknya mempunyai tanggung jawab moril dalam hal ini, tetapi upaya pencegahan dengan melakukan pembinaan mengalami kendala.

"Kami pada tahun sebelumnya secara rutin menggelar sosialisasi pembinaan bagi ibu rumah tangga terutama di tingkat pedesaan, tetapi sekarang belum kami lakukan kegiatan itu karena terbatasanya anggaran pemerintah daerah," katanya.

Jumlah kasus KDRT yang berhasil dicatat itu, kata dia, berdasarkan dari laporan yang masuk. Kemungkinan jumlahnya lebih banyak karena sebagian tidak dilaporkan.

"Kalau semua yang mengalami KDRT melapor tentu jumlah lebih banyak dari angka itu, dan jumlah itu baru dari Kecamatan Sungailiat dan Desa Cit, belum termasuk dari kecamatan lainnya yang tidak melapor," ujarnya.

Dia menginginkan agar kaum perempuan tetap dihargai sebagaimana yang diperjuangkan Kartini. Kalau dipahami apa makna perjuangan Kartini tentu tidak akan terjadi KDRT di masyarakat, ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Pemprov Bangka Belitung Akan Bangun Pembangkit Listrik

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun empat pembangkit listrik, sebagai penunjang program proyek pembangkit listrik 35.000 mega watt oleh pemerintah.

  • satu bulan lalu

    Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah Jadi Gubernur Bangka Belitung

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah ditetapkan sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung terpilih hasil pilkada serentak yang digelar 15 Februari

  • satu bulan lalu

    Ribuan WP di Bangka Belitung Ikut Tax Amnesty

    KOBA (EKSPOSnews): Kepala Kantor Pajak Pratama (KPP) Wilayah Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dwi Hariadi mengatakan hingga kini tercatat sekitar 2.000 wajib pajak (WP) sudah mengikuti tax

  • 2 bulan lalu

    Erzaldi Rosman-Abdul Fatah Terpilih Jadi Gubernur Bangka Belitung

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman-Abdul Fatah meraih 213.442 suara pada pemilihan kepala daerah setempat."Berdasarkan dari

  • 3 bulan lalu

    Bulog Setop Operasi Pasar Gula Pasir di Bangka Belitung

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Subdivisi Regional Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menghentikan operasi pasar gula pasir karena harga kebutuhan pokok i

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak