Kamis, 27 Jun 2019

Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Melonjak

Oleh: alex
Selasa, 29 Jan 2019 04:26
BAGIKAN:
istimewa.
Kekerasan terhadap anak.
TANGERANG (EKSPOSnews): Aparat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang, Banten, menerima sebanyak 101 pengaduan yang dilaporkan warga karena terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kepala DP3A Kabupaten Tangerang, Deden Somantri di Tangerang, mengatakan laporan tersebut telah ditindaklanjuti penangganannya bersama aparat terkait lainnya.

"Laporan tersebut adalah sepanjang tahun 2018 yang dominan mengenai kekerasan terhadap anak dan bayi," katanya, Senin 28 Januari 2019.

Deden mengatakan kasus kekerasan tersebut menurun bila dibandingkan tahun 2017 karena tingkat kesadaran warga untuk menjaga agar anak-anak dan balita terlindungi serta terhindar dari kekerasan.

Bahkan warga setempat telah menyadari kekerasan terhadap anak dan perempuan merupakan tindak pidana dengan sanksi yang berat.

Untuk itu, bila terjadi kekerasan terhadap anak, ada saja pihak yang langsung melaporkan serta ditindaklanjuti kepada instansi terkait yakni kepolisian setempat.

Pihaknya juga memberikan pendampingan kepada anak yang menjadi korban sedangkan kasus kekerasan oleh pelaku ditangani oleh polisi.

Menurut dia, dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) No.7 tahun 2018 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak berdampak terhadap kesadaran warga untuk melaporkan bila ada kejadian.

Petugas DP3A telah melakukan sosialisasi kepada warga yang tersebar pada 29 kecamatan menyangkut Perda itu supaya dapat diketahui bahwa tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah melanggar hukum.

Dalam laporan kekerasan itu diantaranya berupa pemukulan terhadap anak dan buang bayi karena terjadi hubungan di luar nikah.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Pemasok Senjata untuk Perusuh Mei Seorang Perempuan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mabes Polri menyebutkan pemasok senjata untuk kerusuhan aksi 22 Mei 2019 adalah seorang perempuan berinisial AF alias Fifi, warga Rajawali, Pancoran, Jakarta Selatan.Kadiv Humas

  • 2 bulan lalu

    Perempuan Sangat Sentral dalam Mendidik Anak

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Orangtua khususnya kaum ibu memiliki peran penting dalam membina rumah tangga dan mendidik anak sejak dini sebagai masa depan bangsa, kata Psikolog Pusat Pelayanan Terpadu Pem

  • 3 bulan lalu

    Kekerasan Anak di Kukar Tinggi

    SAMARINDA (EKSPOSnews): Kekerasan terhadap anak di Kabupaten Kutai Kartanegera (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur, dalam kurun 2016-2018 terdeteksi sebanyak 67 Kasus, sehingga semua pihak harus terus

  • 3 bulan lalu

    Kewiraushaaan Perempuan Indonesia Tertinggal

    JAKARTA (EKSPOSnews): Laporan yang disusun Ketua Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) Valencia Dea menunjukkan bahwa kewirausahaan perempuan Indonesia tertinggal dibandingkan Kanada.Laporan yang

  • 3 bulan lalu

    Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga Diminta Melapor

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pusat Pembelaan Hak-hak Perempuan "Women’s Crisis Centre-WCC" Palembang, Sumatera Selatan mendorong perempuan korban tindak kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99