Sabtu, 20 Okt 2018

Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat

Oleh: alex
Selasa, 01 Mei 2018 03:33
BAGIKAN:
istimewa.
Kekerasan.
JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Erna Ratnaningsih mengungkapkan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan berdasarkan catatan tahunan Komnas Perempuan Tahun 2018 mencapai 348.446 kasus.

"Jumlah kekerasan terhadap perempuan mencapai 348.446 kasus, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan kasus terbanyak," ujar Erna di Jakarta, Senin 30 April 2018.

Erna mengatakan hal itu ketika memberikan paparan dalam diskusi "Perempuan dan Pengawasan Terhadap Aparat Penegak Hukum" yang diselenggarakan oleh Komisi Yudisial dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Erna kemudian memaparkan dari 348.446 kasus, kasus KDRT mencapai 335.062 kasus, sementara sebanyak 13.384 kasus dari lembaga mitra.

"Kasus dari lembaga mitra tersebut terbagi menjadi tiga ranah yaitu, ranah privat, ranah publik, dan ranah negara," ucap Erna.

Berdasarkan data tersebut, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan di ranah privat mencapai 9.609 kasus, sementara kekerasan di ranah publik mencapai 3.528 kasus.

"Sedangkan kekerasan terhadap perempuan di ranah negara mencapai 247 kasus," papar Erna.

Terkait dengan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan ini, Erna menilai perlunya penguatan terhadap Lembaga Pengawasan Aparat Penegak Hukum yang dalam hal ini adalah pihak Kepolisian, Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, dan Komisi Yudisial.

"Tujuannya supaya bekerja sesuai tupoksi dalam melakukan pengawasan terhadap penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan," ujar Erna.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    6 TKI Korban Kekerasan di Korea Selatan

    GORONTALO (EKSPOSnews): Enam orang tenaga kerja Indonesia yang mengalami kekerasan selama bekerja di Korea Selatan, tiba di Gorontalo.Kedatangan enam orang tenaga kerja Indonesia (TKI) itu disambut ol

  • satu minggu lalu

    Kekerasan Terhadap Peremuan Masih Tinggi

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pusat Pembelaan Hak-hak Perempuan "Women`s Crisis Centre" Palembang, Sumatera Selatan, prihatin kekerasan terhadap perempuan hingga kini masih sering terjadi."Berdasarkan data

  • 3 minggu lalu

    Mengatasi Kekerasan Terhadap Perempuan

    BATURAJA (EKSPOSnews): Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membentuk Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) guna mengatasi masalah kekerasan terhadap kaum pe

  • 4 minggu lalu

    Kaum Perempuan Harus Rajin Periksa Payudara

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kaum perempuan disarankan memeriksa payudaranya sendiri, terutama bagian puting, guna mendeteksi kanker payudara.Dokter spesialis bedah umum konsultan onkologi dari rumah sakit P

  • 4 minggu lalu

    Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Divonis 12 Tahun Penjara

    BALIKPAPAN (EKSPOSnews): Pandu Dharma Wicaksono (22) divonis 12 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Balikpapan.Pemuda ini dianggap terbukti melakukan kekerasan seksual kepada 9 anak lel

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99