Sabtu, 20 Apr 2019

Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat

Oleh: alex
Selasa, 01 Mei 2018 03:33
BAGIKAN:
istimewa.
Kekerasan.
JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Erna Ratnaningsih mengungkapkan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan berdasarkan catatan tahunan Komnas Perempuan Tahun 2018 mencapai 348.446 kasus.

"Jumlah kekerasan terhadap perempuan mencapai 348.446 kasus, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan kasus terbanyak," ujar Erna di Jakarta, Senin 30 April 2018.

Erna mengatakan hal itu ketika memberikan paparan dalam diskusi "Perempuan dan Pengawasan Terhadap Aparat Penegak Hukum" yang diselenggarakan oleh Komisi Yudisial dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Erna kemudian memaparkan dari 348.446 kasus, kasus KDRT mencapai 335.062 kasus, sementara sebanyak 13.384 kasus dari lembaga mitra.

"Kasus dari lembaga mitra tersebut terbagi menjadi tiga ranah yaitu, ranah privat, ranah publik, dan ranah negara," ucap Erna.

Berdasarkan data tersebut, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan di ranah privat mencapai 9.609 kasus, sementara kekerasan di ranah publik mencapai 3.528 kasus.

"Sedangkan kekerasan terhadap perempuan di ranah negara mencapai 247 kasus," papar Erna.

Terkait dengan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan ini, Erna menilai perlunya penguatan terhadap Lembaga Pengawasan Aparat Penegak Hukum yang dalam hal ini adalah pihak Kepolisian, Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, dan Komisi Yudisial.

"Tujuannya supaya bekerja sesuai tupoksi dalam melakukan pengawasan terhadap penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan," ujar Erna.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Kekerasan Anak di Kukar Tinggi

    SAMARINDA (EKSPOSnews): Kekerasan terhadap anak di Kabupaten Kutai Kartanegera (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur, dalam kurun 2016-2018 terdeteksi sebanyak 67 Kasus, sehingga semua pihak harus terus

  • 3 minggu lalu

    Kewiraushaaan Perempuan Indonesia Tertinggal

    JAKARTA (EKSPOSnews): Laporan yang disusun Ketua Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) Valencia Dea menunjukkan bahwa kewirausahaan perempuan Indonesia tertinggal dibandingkan Kanada.Laporan yang

  • 3 minggu lalu

    Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga Diminta Melapor

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pusat Pembelaan Hak-hak Perempuan "Women’s Crisis Centre-WCC" Palembang, Sumatera Selatan mendorong perempuan korban tindak kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga

  • 4 minggu lalu

    Kekerasan Dalam Rumah Tangga Masih Tinggi

    BATANG (EKSPOSnews): Asisten Deputi Perlindungan Perempuan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Ali Khasan menyatakan berdasarkan data komisi nasional kasus kekerasan terhadap perempuan pada Maret 2019 me

  • satu bulan lalu

    50 Perempuan Meninggal Setiap Hari karena Kanker Serviks

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli kesehatan  Venita menyebutkan sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker serviks yang berarti 18.000 lebih perempuan Indonesia meninggal dal

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99