Jumat, 17 Agu 2018

Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat

Oleh: alex
Selasa, 01 Mei 2018 03:33
BAGIKAN:
istimewa.
Kekerasan.
JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Erna Ratnaningsih mengungkapkan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan berdasarkan catatan tahunan Komnas Perempuan Tahun 2018 mencapai 348.446 kasus.

"Jumlah kekerasan terhadap perempuan mencapai 348.446 kasus, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan kasus terbanyak," ujar Erna di Jakarta, Senin 30 April 2018.

Erna mengatakan hal itu ketika memberikan paparan dalam diskusi "Perempuan dan Pengawasan Terhadap Aparat Penegak Hukum" yang diselenggarakan oleh Komisi Yudisial dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Erna kemudian memaparkan dari 348.446 kasus, kasus KDRT mencapai 335.062 kasus, sementara sebanyak 13.384 kasus dari lembaga mitra.

"Kasus dari lembaga mitra tersebut terbagi menjadi tiga ranah yaitu, ranah privat, ranah publik, dan ranah negara," ucap Erna.

Berdasarkan data tersebut, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan di ranah privat mencapai 9.609 kasus, sementara kekerasan di ranah publik mencapai 3.528 kasus.

"Sedangkan kekerasan terhadap perempuan di ranah negara mencapai 247 kasus," papar Erna.

Terkait dengan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan ini, Erna menilai perlunya penguatan terhadap Lembaga Pengawasan Aparat Penegak Hukum yang dalam hal ini adalah pihak Kepolisian, Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, dan Komisi Yudisial.

"Tujuannya supaya bekerja sesuai tupoksi dalam melakukan pengawasan terhadap penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan," ujar Erna.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Cara Kekerasan Mulai Ditinggalkan Kelompok Ekstrimis

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Peneliti dari Goucher College, Amerika Serikat Julie Chernov Hwang mengemukakan berdasarkan hasil riset yang dilakukan banyak para ekstremis di Indonesia memilih meninggalkan

  • 3 minggu lalu

    Pernikahan Dini Sebabkan Kekerasan dalam Rumah Tangga

    PALU (EKSPOSnews): Aktivis perempuan di Sulawesi Tengah menilai pernikahan dini atau pernikahan dibawah umur menjadi salah satu fakor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)."Pernikaha

  • 3 bulan lalu

    Kekerasan Dalam Rumah Tangga Penyebab Utama Perceraian di Pamekasan

    PAMEKASAN (EKSPOSnews): Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur Hery Kushendar menyatakan, kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan penyebab utama terjadin

  • 3 bulan lalu

    10 Perempuan dari NTB Dapat Penghargaan di Thailand

    MATARAM (EKSPOSnews): Sebanyak 10 anggota Dewan Pengurus Pusat Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, termasuk Ketua DPD IWAPI NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi, memperoleh penghargaan "Asean Women Entrepreneurs

  • 4 bulan lalu

    Perempuan Jangan Lupakan Kodrat

    JAMBI (EKSPOSnews): Pada era milenal saat ini, keseteraan gender sepertinya bukan lagi jadi masalah. Terbukti, banyaknya perempuan yang terlibat dalam berbagai pekerjaan maupun profesi.Kini, dalam seg

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99