Selasa, 24 Okt 2017

Kasus Perceraian Tertinggi di Simalungun

Oleh: Marsot
Sabtu, 10 Jun 2017 04:35
BAGIKAN:
istimewa
Berpisah.
SIMALUNGUN (EKSPOSnews): Perceraian menduduki posisi tertinggi pada daftar kasus-kasus gugatan hukum di Pengadilan Agama Simalungun, Sumatera Utara dan kondisi itu setiap tahun bertambah.

Ketua Pengadilan Agama (PA) Simalungun Zulkarnain Lubis di Simalungun, menyebutkan, jumlah perceraian di daerah yang memiliki 31 kecamatan itu mencapai angka 650 dari 700-an keseluruhan kasus.

"Didominasi usia produktif antara 20-40 tahun, dengan berbagai alasan seperti masalah ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga, narkoba, dan tuduhan perselingkuhan," kata Zulkarnain, Jumt 9 Juni 2017.

Pria yang empat bulan menjabat sebagai Ketua PA Simalungun itu bahkan mengaku ada menyidangkan kasus perceraian, karena dugaan selingkuh di sosial media.

Meski prihatin dengan kondisi itu, PA tidak bisa menolak perkara yang didaftarkan para pencari keadilan, hanya bisa melakukan upaya mediasi saat sidang perdana.

"Mediasi ini wajib dilakukan sesuai dengan peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016," ujar Zulkarnain.

Menurut Zulkarnain, timbulnya pertengkaran atau percekcokan dalam rumah tangga dengan berbagai alasan itu, disebabkan belum kuatnya kesiapan para calon untuk berumah tangga.

Untuk itu, Zulkarnain berharap peran serius dari staf Kantor Urusan Agama (KUA) di masing-masing daerah dalam memberikan bimbingan kerumahtanggan bagi pasangan yang ingin menikah.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99