Kamis, 19 Sep 2019

Kartu Identitas Anak Gratis di Mukomuko

Jumat, 19 Agu 2016 16:08
BAGIKAN:
ist
Ibu menyusui anak (ilustrasi).

MUKOMUKO (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggratiskan biaya untuk pembuatan kartu identitas anak (KIA) di daerah itu.

"Program KIA ini sama dengan pembuatan administrasi kependudukan lainnya, yakni tidak dipunggut biaya atau gratis," kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Yan Daryat, di Mukomuko, Jumat 19 Agustus 2016.

Ia memastikan, tidak ada ada petugas di instansi itu baik dari personel bagian penerima pendaftaran maupun bagian percetakan yang memungut pembuatan KIA.

Ia minta, warga setempat melaporkan apabila ada petugas di instansi itu yang memungut biaya pembuatan KIA.

"Kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat. Seluruh blanko termasuk peralatan untuk pencetakan KIA dibantu oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama tahun ini instansi itu akan mencetak 15 ribu KIA dari sebanyak 63 ribu anak di daerah itu.

"Kita sudah menerima bantuan 15 ribu blanko KIA dari pemerintah pusat. Selanjutnya semua blangko ini akan dicetak untuk 15 ribu anak," ujarnya.

Ia mengatakan, pencetakan KIA ini dilakukan secara bertahap sampai sebanyak 63 ribu anak di daerah itu mendapatkan KIA.

Ia menjelaskan, prosedur pembuatan KIA untuk 63 ribu anak di daerah itu terdiri dari klasifikasi usia mulai 0-5 tahun tidak perlu memakai foto dan 5-17 tahun kurang satu hari.

Untuk perangkat pembuatan dan sumber daya manusia (SDM) personel untuk itu, katanya, sudah siap setelah mereka mengikuti pelatihan.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Memantau Talenta Anak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Praktisi pendidikan dari Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) Edy Suandi Hamid mengatakan guru bisa menjadi orang pertama dalam pemantauan talenta anak."Manajemen talenta

  • 3 bulan lalu

    Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur Ditangkap Polisi

    KUALA KAPUAS (EKSPOSnews): Pelaku pencabulan terhadap anak dibawah umur, Taufik Riansyah (34) yang bekerja sebagai sekutiriti atau petugas keamanan di salah satu perusahaan besar swasta (PBS) di daera

  • 3 bulan lalu

    Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur

    SAMPANG (EKSPOSnews): Aparat Polres Sampang, Jawa Timur menangkap pelaku pencabulan anak di bawah umur, dan pelaku merupakan saudaranya sendiri, hingga menyebabkan korban hamil.Menurut Kapolres Sampan

  • 3 bulan lalu

    Kasus Pencabulan Anak di Boyolali

    BOYOLALI (EKSPOSnews): Polres Boyolali berhasil mengungkap kasus pencabulan anak bawah umur dengan menangkap dua pelakunya di Dukuh Mranggen RT 07 RW 02 Desa Jenengan Kecamatan Sawit Boyolali.Menurut

  • 3 bulan lalu

    Pasangan Suami Isteri Pertontonkan Adegan Asusila kepada Anak-Anak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto meminta polisi menindak tegas pasangan suami istri yang mempertontonkan adegan asusila kepada anak-anak di Kota Tasikmalay

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99