Jumat, 24 Nov 2017

Cegah Pernikahan Dini

Oleh: Marsot
Senin, 17 Jul 2017 04:31
BAGIKAN:
marsot
Pernikahan (ilustrasi).
JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya edukasi agar tidak terjadi lagi pernikahan anak usia dini.

"Dari perkembangan kehidupan pendidikan dan sosial kita maka edukasi sangat penting," kata Mensos di Jakarta, Minggu 16 Juli 2017.

Menurut dia, pernikahan anak usia dini di beberapa titik sebetulnya bisa teridentifikasi namun ada alasan-alasan tertentu sehingga didapatkan izin dari pengadilan negeri untuk menikah.

"Menurut UU No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan kalau anak apakah laki-laki maupun perempuan yang melakukan pernikahan di bawah umur maka dia harus mendapatkan keputusan dari PN. Proses seperti ini yang ditempuh di beberapa daerah," katanya.

Namun berdasarkan UU tersebut juga dinyatakan bahwa usia menikah paling rendah bagi laki-laki adalah 19 tahun sementara perempuan 16 tahun.

Seiring dengan diberlakukannya wajib belajar 12 tahun, maka menurut Khofifah setidaknya usia menikah paling rendah adalah tamat SMA bagi perempuan atau sekurang-kurangnya 19 tahun dan kuliah bagi laki-laki.

Beberapa waktu terakhir menjadi viral foto maupun video pernikahan remaja SMP yang berusia 15 tahun di Baturaja Sumatera Selatan.

Selain itu viral juga di media sosial pernikahan Selamet Riyadi yang masih berusia 16 tahun dengan nenek Rohaya berusia 71 tahun.

Terbaru di media sosial ramai diberitakan tentang pernikahan anak usia 14 tahun di Bulukumba Sulawesi Selatan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pembobol Bank Mandiri Segera Disidang

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan Agung menyatakan tersangka pembobolan kredit PT Bank Mandiri Tbk sebesar Rp201,098 miliar, MS alias HP atau Aping dan EWL, segera disidangkan di pengadilan.Menurut Kepa

  • 2 bulan lalu

    Bupati Aceh Barat Segera Dilantik

    MEULABOH (EKSPOSnews): Ratusan aparat gabungan polisi, TNI, dan Satpol Pamong Praja akan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan pelantikan Bupati/Wakil Bupati Aceh Barat periode 2017-2022 di Meulabo

  • 2 bulan lalu

    Trans Binjai Segera Beroperasi

    BINJAI (EKSPOSnews): Wali kota Binjai, Sumatera Utara, menyampaikan segera dioperasikannya bus Trans Binjai dalam dua minggu ke depan yang bertujuan menjadikan masyarakat daerah itu lebih disiplin dal

  • 2 bulan lalu

    Dirut Semen Padang Segera Diangkat

    PADANG (EKSPOSnews): Kepala Biro Humas PT Semen Padang Nur Anita Rachmawati menyampaikan pemilihan Direktur Utama PT Semen Padang yang sebelumnya dijabat oleh Benny Wendry masih menunggu pelaksanaan R

  • 2 bulan lalu

    Kepala Rutan Lubuk Sikaping Segera Diperiksa

    PADANG (EKSPOSnews0: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar), segera memeriksa Kepala Rumah Tahanan Klas IIB Lubuk Sikaping, terkait izin keluar yang diberikannya ter

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99