Rabu, 22 Nov 2017
  • Home
  • Humaniora
  • Bertambah Usia, Kepuasan Hidup Seseorang Makin Tinggi

Bertambah Usia, Kepuasan Hidup Seseorang Makin Tinggi

Oleh: Jallus
Jumat, 08 Sep 2017 05:09
BAGIKAN:
istimewa
Para Lansia olah raga.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Hasil survei menyebutkan, tingkat kebahagiaan seseorang cenderung berkurang seiring dengan bertambahnya usia bagi mereka yang tinggal di Aceh.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Wahyudin di Banda Aceh,  mengatakan, makin bertambahnya usia, maka semakin tinggi perasaan dan kepuasan hidup seseorang.

"Tingkat perasaan dan kepuasan hidup itu, cuma sampai batas usia 40 tahun. Setelah usia segitu, maka mengalami penurunan, termasuk, rasa bahagia orang tinggal di Aceh," ujarnya, Kamis 7 September 2017.

Pihaknya mengaku, telah merampungkan hasil survei pengukuran tingkat kebahagiaan di 23 kabupaten/kota di provinsi paling Utara di Pulau Sumatera tersebut.

BPS Aceh telah melakukan survei yang sama di tahun 2014 dan tahun ini melibatkan 3.000 responden dengan melihat tiga dimensi yakni tingkat kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup.

Ia mengatakan, bagi mereka yang berusia 24 tahun ke bawah memiliki tingkat kebahagian paling tinggi dengan angka sebesar 73,17 poin.

Penduduk dengan umur 25 sampai 40 tahun memiliki indeks kebahagiaan 73,12 poin, umur 41 hingga 64 tahun dengan angka 72,01 poin, dan umur di atas 65 tahun 67,57 poin.

Hal ini yang juga terjadi pada dimensi makna hidup, tetapi tidak berlaku dimensi perasaan dan kepuasan hidup setelah penduduk tinggal di Aceh setelah berusia lanjut di atas 40 tahun.

"Begitu juga dengan tingkat subdimensi kepuasan hidup personal yang semakin menurun, seiring bertambahnya usia penduduk dengan angka 62,17 poin," ujar Wahyudin.

"Terakhir nilai indeks subdimensi kepuasan hidup sosial cenderung meningkat, tapi cuma sampai pada batas umur 40 tahun," katanya, menambahkan.

Data yang dirilis BPS menyebut, tingkat kebahagiaan orang yang tinggal di Aceh mencapai angka 71,96 poin, atau lebih tinggi dari tingkat kebahagiaan nasional tercatat 70,69 poin.

Untuk tingkat kebahagian penduduk menurut provinsi, peringkat pertama diduduki Maluku Utara dengan angka 75,68 poin, dan terendah Papua 67,52.

Sedangkan provinsi tetangga Aceh, yakni Sumatera Utara berada di posisi terendah kedua setelah Papua dengan angka 68,41 poin.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99