Minggu, 22 Okt 2017

Angka Perceraian di Halmahera Utara Melonjak

Oleh: Marsot
Sabtu, 29 Jul 2017 05:19
BAGIKAN:
istimewa
Perceraian (ilustrasi).
TERNATE (EKSPOSnews): Pengadilan Agama Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara mencatat selama periode Januari-Juni 2017 terjadi 71 perkara perceraian sudah masuk dalam rekapitulasi.

"Angka perceraian 71 perkara itu tinggi dan meningkat dibanding periode sama tahun lalu selsama periode Januari-Desembere 2016 terjadi 113 kasus perceraian," kata Panitera Muda Hukum, Pengadilan Agama Tobelo, Hasanuddin Hamzah, Jumat 28 Juli 2018.

Dia mengatakan, untuk kasus perceraian di Kabupaten Halmahera Utara dan Pulau Morotai pada tahun ini menunjukkan grafik peningkatan apabila dibanding tahun sebelumnya.

Untuk diketahui, Pengadilan Agama Tobelo membawahi dua kabupaten dan tahun lalu hanya 113 kasus, tetapi sekarang baru pertengahan tahun saja sudah tembus angka 71 kasus.

Menurut dia, dari 71 kasus perceraian, Hasanuddin, sebagian besar gugat cerai atau istri yang menggugat suami dan memang paling banyak kasus cerai gugat yakni istri yang menggugat cerai suaminya.

Dia menjelaskan, penyebabnya rata-rata perceraian di dua kabupaten adalah karena tidak adanya tanggung jawab dari pihak laki-laki dalam sisi ekonomi, yakni untuk memenuhi kebutuhan atau menafkahi keluarga.

Di samping itu, kasus perceraian juga mayoritas terjadi karena persoalan kurang harmonisnya hubungan kedua belah pihak, salah satunya dipicu oleh minimnya komunikasi suami maupun istri.

"Kemudian adanya pihak ketiga dalam hubungan rumah tangga yang dilakukan salah satu atau keduanya dan saat kedua belah pihak berjauhan, keduanya memiliki peluang yang sama untuk berselingkuh, ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Angka Perceraian di Sulteng Melonjak

    PALU (EKSPOSnews): Selama 2016, angka perceraian di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencapai angka 2.699 kasus yang tercatat dari sembilan pengadilan agama (PA) di 13 kabupaten dan kota. &q

  • 12 bulan lalu

    Angka Perceraian di Situbondo Melonjak

    SITUBONDO (EKSPOSnews): Kantor Pengadilan Agama (PA) Situbondo, Jawa Timur, mencatat angka perceraian pada 2016 sebanyak 2.211 kasus sehingga pada tahun ini di Kota Santri itu terdapat ribuan janda

  • 12 bulan lalu

    Angka Perceraian PNS di Mukomuko Turun

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Angka perceraian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini menurun dibandingkan tahun 2015, yakni dari 13 kasus men

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99