Jumat, 18 Jan 2019

Angka Perceraian di Batam Tinggi

Oleh: marsot
Jumat, 27 Apr 2018 16:07
BAGIKAN:
istimewa.
Pernikahan.
BATAM (EKSPOSnews): Angka perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Kota Batam Kepulauan Riau pada Januari-April 2018 sebanyak 808 kasus, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Sepanjang 2018 sampai sekarang, sudah ada 808 kasus, biasanya hanya 600-an kasus," kata Humas Pengadilan Agama Batam, Ifda di Batam, Jumat 27 April 2018.

Pekan-pekan terakhir ini, antrean kasus perceraian justru semakin ramai, padahal biasanya jumlah perpisahan perkawinan menurun menjelang Ramadhan seperti sekarang.

Pria yang juga hakim Pengadilan Agama itu mengatakan umumnya perceraian dipicu masalah ekonomi.

"Masih karena masalah ekonomi, apalagi sekarang ekonomi Batam sedang buruk," kata dia.

Selain itu, ia juga menemukan kasus perceraian karena perempuan yang ditinggal pergi begitu saja oleh lelaki yang menikahinya.

Berdasarkan catatan dia, jumlah perceraian di pulau utama relatif lebih banyak ketimbang kasus perpisahan di pulau-pulau penyangga.

"Sekarang ini, angka perceraian di Batam tertinggi di Riau dan Kepulauan Riau," kata dia.

Pengadilan Agama Batam, menangani sekitar 2.000 kasus perceraian setiap tahun.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan, landasan terpenting dalam pernikahan adalah cinta kepada pasangan yang dilandasi cinta kepada Tuhan.

Menurut pria yang juga mediator perceraian itu, pernikahan kurang kuat bila cinta yang didasari material, apalagi hanya cinta kepada begitu pasangan saja (cinta buta).

"Jangan sampai perempuan tertipu, lelakinya bilang, kerja di kilang minyak, gaji besar, kemudian percaya saja," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Menertibkan Batam dan Pesisir Timur Sumatera

    BATAM (EKSPOSnews): Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan."Batam, Kepri

  • 3 hari lalu

    Pemkot Batam Tolak Tambang Pasir

    BATAM (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menolak perizinan tambang pasir, sesuai dengan rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K)

  • satu minggu lalu

    Membenahi Batam dengan Serius

    BATAM (EKSPOSnews): Warga Kota Batam berharap pemerintah pusat serius membenahi kota setempat, agar ekonomi kembali pulih dan menjadi lokomotif perekonomian nasional."Kami terus berusaha optimistis de

  • satu bulan lalu

    Tenang! BP Batam Tak Akan Bubar

    BATAM (EKSPOSnews): Kadin Batam Kepulauan Riau meminta pengusaha tenang dan menjaga kondusifitas berinvestasi, terkait kebijakan pemerintah pusat menetapkan wali kota setempat menjadi ex-officio Kepal

  • 2 bulan lalu

    Membenahi 7 Lokasi Banjir di Batam

    BATAM (EKSPOSnews): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membenahi 7 lokasi yang kerap dilanda banjir di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau tahun anggaran 2019."Tahun depan, ada tujuh

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99