Kamis, 17 Okt 2019

Amran Nur Telah Tiada

Kamis, 23 Jun 2016 19:25
BAGIKAN:
SAWAHLUNTO (EKSPOSnews): Sosok mantan Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, (Alm) Amran Nur, memiliki kenangan tersendiri bagi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang mengakui almarhum adalah salah satu gurunya.

"Sosok almarhum yang berani mengambil keputusan merupakan hal yang paling menarik bagi saya dalam tugas beliau selama memimpin Kota Sawahlunto," kata dia, saat menghadiri upacara pemakaman  Amran Nur di Sawahlunto, Kamis 23 Juni 2016.

Keberanian tersebut, lanjutnya, mampu ia pertanggung jawabkan sebagai sebuah langkah maju derap pembangunan kota itu, menjadi sebuah daerah yang terus berkembang dengan potensi pariwisata dan seni budaya yang dimiliki.

Menurutnya, ide merubah sebuah tatanan kota pusat pertambangan batubara menjadi kota wisata, pada mulanya sangat diragukan bisa terwujud karena menyangkut faktor kebiasaan dalam kehidupan sosial bermasyarakat selain rumitnya birokrasi dan regulasi yang harus diciptakan.

"Namun berkat kegigihan beliau ternyata semuanya bisa diwujudkan meskipun masih dalam bentuk landasan, namun sudah menunjukkan atribut yang kuat dari sebuah daerah tujuan wisata," kata dia.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat kota itu, agar terus melanjutkan perjuangan yang sudah dirintis sosok Amran Nur dalam melanjutkan pembangunan kota itu secara berkesinambungan.

Dan kepada keluarga yang ditinggalkan, ia berharap selalu diberi ketabahan dan kesabaran serta mampu mengikhlaskan kepergian almarhum untuk selama-lamanya.

Sementara itu, salah seorang kerabat almarhum H Amran Nur, Ardi (29), menerangkan meskipun almarhum tidak lagi menjabat sebagai kepala daerah, namun ia tetap menunjukkan sumbangsihnya bagi pembangunan kota itu.

Salah satunya dengan membentuk sebuah yayasan yang bertujuan untuk menggalang dana pendidikan bagi anak-anak berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu di kota itu.

"Cita-cita untuk membangun generasi muda Sawahlunto sebagai generasi cerdas dan memiliki daya saing seakan sudah mendarah daging baginya," kata dia.(ant)

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99