Rabu, 24 Jul 2019

Wakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah Disidang karena Korupsi

Oleh: alex
Kamis, 11 Apr 2019 05:44
BAGIKAN:
istimewa.
Sidang.
MEDAN (EKSPOSnews):  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Awaluddin Rao bersama tiga anggota lainnya Julius Simanungkalit, Jonias Silaban, dan Hariono Nainggolan diadili di Pengadilan Tipikor Medan, karena perkara korupsi biaya perjalanan dinas Rp655 juta tahun anggaran 2016-2017.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejati Sumut Kifli Ramadhan, dalam dakwaannya di Pengadilan Tipikor Medan,  menyebutkan keempat terdakwa menggelembungkan biaya perjalanan dinas sehingga merugikan keuangan negara.

Dari hasil audit penghitungan kerugian negara atas perjalanan dinas luar daerah Anggota DPRD Tapanuli Tengah TA 2016-2017 dilakukan dengan metode mengurangkan antara pengeluaran hotel yang telah dipertanggungjawabkan dan dibayarkan oleh bendahara pengeluaran untuk perjalanan dinas luar daerah.

"Dengan realisasi biaya penginapan dan biaya lumpsum 30 persen untuk biaya penginapan yang tidak terdaftar, selisihnya merupakan kerugian keuangan negara/daerah," ujar jaksa, Rabu 10 April 2019.

Ia mengatakan, biaya perjalanan yang telah dipertanggungjawabkan dan telah dibayarkan oleh bendahara pengeluaran Sekretariat DPRD Tapanuli Tengah TA 2016 dan 2017 sebesar Rp13.805.000.

Kemudian, realisasi biaya penginapan perjalanan dinas tahun 2016-2017 yang telah terkonfirmasi kepada pengelola tempat penginapan sebesar Rp29.405.000 dan Rp84.400.000, biaya penginapan lumpsum 30 persen Rp27.498.000.

"Selanjutnya, terdakwa melaksanakan kunjungan kerja ke dinas yang terkait sesuai dengan surat perintah tugas yang dibuat oleh Sekwan DPRD Tapanuli Tengah dan ditandatangani Ketua DPRD Tapanuli Tengah," katanya.

Usai melakukan perjalanan dinas, terdakwa menyerahkan bill hotel kepada saksi Herlina Sari Siregar dan Komala Simamora bendahara pengeluaran pada Sekretariat DPRD Tapanuli Tengah untuk realisasi penghitungan pembayaran penginapan.

Kemudian, terdakwa menerima uang sebagai bentuk pembiayaan pembayaran penginapan sesuai dengan ketentuan penggunaan anggaran dalam melaksanakan perjalanan dinas.

JPU menyebutkan perbuatan keempat terdakwa melanggar Pasal 18 ayat (1) undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagai telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi JO Pasal 64 ayat (1) ke- KUH Pidana.

Sidang perkara korupsi itu akan dilanjutkan Selasa (16/4) untuk mendengarkan keterangan sejumlah saksi.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Polda Sumut Tahan Anggota DPRD Tapanuli Tengah

    MEDAN (EKSPOSnews): Personel Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara menahan SG (57) Anggota DPRD Tapanuli Tengah, tersangka tindak pidana korupsi penyimpangan anggaran perjalanan dinas luar deerah di inst

  • 9 bulan lalu

    KPK Tahan Wakil Ketua DPR Dari PAN Taifuk Kurniawan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan alasan soal penahanan terhadap Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan (TK) yang dilakukan.KPK menahan selama 20 hari pertama terhadap p

  • 9 bulan lalu

    Taufik Kurniawan, Wakil Ketua DPR Dicegah ke Luar Negeri

    JAKARTA (EKSPOSnews): KPK mengirimkan surat permintaan cegah untuk bepergian ke luar negeri terhadap Wakil Ketua DPR dari Faksi Partai Amanat Nasional Taufik Kurniawan terkait dengan penyidikan kasus

  • 10 bulan lalu

    Penyeludupan Lobster Mulai Diadili

    JAMBI (EKSPOSnews): Terdakwa kasus dugaan penyeludupan benih udang lobster 92 ribu ekor melalui perairan laut Tanjung Jabung Timur, Afrizal, menjalani persidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Jambi

  • 10 bulan lalu

    Penyuap Gubernur Aceh Segera Diadili

    JAKARTA (EKSPOSnews): Bupati Bener Meriah non-aktif Ahmadi sebagai tersangka penyuap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf akan segera disidang dalam perkara dugaan penerimaan suap terkait pengalokasian dan pen

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99