Selasa, 07 Jul 2020

Sumatera Pintu Masuk Narkoba dari Luar Negeri

Oleh: Alex
Jumat, 24 Mar 2017 16:32
BAGIKAN:
istimewa
Narkoba.
PADANG (EKSPOSnews): Direktur Peran Serta Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Sinta Dame Simanjuntak mengatakan Sumatera menjadi pintu masuk beredarnya narkotika dan obat terlarang (narkoba) ke seluruh wilayah Indonesia.

"Jaringan Tiongkok dan Hongkong masuk ke Indonesia lewat Sumatera seperti Sumatera Utara, Batam dan Aceh," katanya, usai memberikan materi tentang Narkoba dalam kegiatan Diseminasi Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Padang, Jumat 24 Maret 2017.

Dia mengatakan Sumatera dipilih sebagai pintu masuk oleh jaringan internasional narkoba, karena lebih mudah dibandingkan masuk melalui Singapura atau Malaysia.

"Selain itu, geografis Indonesia yang terdiri atas pulau-pualu kecil, menyulitkan aparat untuk melacak persembunyian mereka. Dan pengawasan kita memang lemah dibandingkan dua negara tersebut (Singapura dan Malaysia)" ungkap Sinta Dame menambahkan.

Tak hanya itu, Aceh juga memiliki narkoba asli yakni ganja, yang kualitasnya terbaik di dunia.

"Bahkan ujarnya tidak hanya di Aceh, sepanjang Bukit Barisan mulai dari Sumatera Barat, Sumatera Utara hingga aceh, ganja cukup subur ditanam dan tidak mudah dilacak. Dengan kondisi seperti itu tidak heran banyak pengedar di Indonesia yang tertangkap berasal dari Sumatera," kata dia.

Sinta Dame mengatakan,"untuk menyikapi kondisi itu strategi BNN untuk memerangi peredaran narkoba, yakni dengan menjaring generasi muda untuk menjadi agen pemberantasan narkoba. Seperti mahasiswa dan pelajar akan didorong untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat.

Sementara itu Deputi Bidang Koordinator Politik Luar Negeri Kemen Polhukam Lutfi Rauf mengatakan pemberantasan narkoba menjadi strategi untuk memperkuat keamanan di ASEAN.

Sebab, kata dia, masalah narkoba, perdagangan manusia, teroris dan perang siber menjadi tantangan keamanan komunitas Asean.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Konflik Gajah Sumatera di Riau Melonjak

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Konflik gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) liar di Provinsi Riau dengan manusia menunjukkan kenaikan dua kali lipat pada tahun ini.“Dari data saat ini dalam periode

  • 12 bulan lalu

    Harimau sumatera di Way Kambas

    LAMPUNG (EKSPOSnews): Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dalam kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur segera disurvei kembali tahun ini untuk mengetahui pop

  • tahun lalu

    Polda Sumatera Utara Tangguhkan Penahanan 2 Tersangka Makar

    MEDAN (EKSPOSnews): Polda Sumatera Utara mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) RFL dan Sekretaris GNPF, ZLK atas dugaan kasus tindak pidana ma

  • tahun lalu

    Tol Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatra dari Pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandarlampung, Terbanggi Besar, dan Palembang sudah mulai ramai dilalui pemudik pada Kamis, atau tujuh hari seb

  • tahun lalu

    Stok BBM di Tol Sumatera Habis

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Para pemudik yang melintas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Ruas Bakauheni ke Terbanggi Besar Provinsi Lampung diminta berhati-hati dan menjaga jarak dengan kendaraan la

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99