Sabtu, 23 Jun 2018

Sipir LP Banda Aceh Ditahan

Oleh: alex
Sabtu, 06 Jan 2018 04:18
BAGIKAN:
istimewa.
Ditahan.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh Kombes Pol T Saladin menyebutkan seorang oknum sipir Lembaga Permasyarakatan Banda Aceh ditahan karena diduga terlibat kerusuhan disertai pembakaran penjara tersebut.

"Seorang oknum sipir LP Banda Aceh yang ditahan berinisial S. Yang bersangkutan diduga kuat terlibat dalam kasus kerusuhan dan pembakaran," kata Kombes Pol T Saladin di Banda Aceh, Jumat 5 Januari 2018.

Kapolresta menyebutkan, pada pemeriksaan awal S diduga kuat ikut membantu narapidana narkoba berinisial Gun dan narapidana lainnya untuk melakukan kerusuhan.

Selain S, kata dia, seorang oknum sipir lainnya berinisial M masih menjalani pemeriksaan polisi. S dan M sering bersama Gun dan dua narapidana narkoba lainnya berinisial Bah, dan Muh.

"S juga ikut membakar satu unit mobil operasional Sabhara Polresta Banda Aceh di dalam penjara. S telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara M masih didalami keterlibatannya," kata dia.

Saladin menyebutkan, oknum S diduga menjadi tangan kanan narapidana narkoba berinisial Gun. Yang bersangkutan juga diduga terlibat memasukkan narkoba ke LP Banda Aceh yang dikendalikan oleh Gun.

"Polisi masih selidiki kemungkinan ada oknum lainnya yang terlibat," kata Kombes Pol T Saladin seraya menyebutkan tiga narapidana narkoba berinisial Gun, Bah, M, sudah diamankan di Polda Aceh.

Kepala LP Kelas IIA Banda Aceh Endang Lintang mengakui masih lemahnya pengawasan dalam penjara. Bahkan, tiga narapidana narkoba berinisial Gun, Bah, dan Muh, itu sering keluar masuk karena keterlibatan oknum sipir.

"Mereka sering keluar dan membuat keributan serta memprovokasi narapidana lainnya. ini menjadi alasan pemindahan mereka ke LP Tanjung Gusta Medan," kata Endang.

Sebelumnya, LP Kelas IIA Banda Aceh yang berada di kawasan Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, rusuh dan diwarnai pembakaran bangunan pada Kamis (4/1) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kerusuhan dipicu pemindahan tiga narapidana narkoba ke penjara di Medan. Dari tiga narapidana tersebut, dua di antaranya bersedia dipindahkan. Seorang lagi menolak dan diduga memprovokasi warga binaan lainnya, hingga terjadi kerusuhan disertai pembakaran.

Akibat insiden tersebut, sejumlah ruang kantor di LP Banda Aceh hangus terbakar. Tidak ada narapidana ataupun tahanan yang menjadi korban jiwa maupun cidera dalam insiden tersebut.

Selain membakar ruangan kantor, penghuni penjara tersebut juga membakar satu unit kendaraan roda empat milik Polresta Banda Aceh. Mobil yang dibakar tersebut merupakan kendaraan penerangan pengendalian massa atau dalmas.

Kerusuhan mampu diredam setelah lebih dari seratus polisi dibantu prajurit TNI mengamankan suasana di dalam penjara tersebut. Namun, lima ruangan di penjara tersebut hangus terbakar kendati delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke LP Banda Aceh.

Hingga kini personel Brimob Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh masih melakukan pengamanan di LP Banda Aceh. Kepolisian juga menurunkan tim forensik Polda Sumatera Utara guna membantu olah tempat kejadian perkara.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Kapal Pesiar Equanimity Ditahan di Selat Bali

    DENPASAR (EKSPOSnews): Kapolda Bali Irjen (Pol) Petrus R. Golose menegaskan bahwa pihaknya membantu Bareskrim Mabes Polri dan Biro Investigasi Federal (FBI) dalam proses pengamanan kapal pesiar "Equan

  • 5 bulan lalu

    Mengapa Emirsyah Satar Belum Ditahan?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi terkait belum ditahannya dua tersangka tindak pidana korupsi suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Ro

  • 6 bulan lalu

    11 Pangeran Arab Saudi Ditahan

    RIYADH (EKSPOSnews): Pihak berwenang Arab Saudi telah menahan 11 pangeran setelah mereka berkumpul di sebuah istana kerajaan di Riyadh untuk memprotes langkah-langkah penghematan, yang termasuk penang

  • 6 bulan lalu

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Meranti Ditahan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Selatpanjang menahan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Meranti, Hariadi, terkait dengan statusnya sebagai tersangka korupsi pembangunan Dermaga S

  • 6 bulan lalu

    5 Tersangka Alkes Binjai Ditahan

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Binjai menahan lima tersangka dugaan kasus korupsi pengadaan alat kesehatan pada RSUD Djoelham Kota Binjai, Sumatera Utara senilai Rp14 miliar bersumber dari dana

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99