Rabu, 27 Mei 2020

Saut Situmorang Diperiksa di Bareskrim

Kamis, 16 Jun 2016 15:36
BAGIKAN:
JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang diperiksa selama tiga jam di Bareskrim Polri sebagai saksi terlapor kasus dugaan pencemaran nama baik dan fitnah terhadap Himpunan Mahasiswa Islam.

"Pemeriksaan sudah kami laksanakan tadi," kata Kepala Subdit III Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Pol Umar Surya Fana, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 16 Juni 2016.

Menurutnya dalam pemeriksaan hari ini, materi pemeriksaan belum masuk pada pokok perkara.

Saat ditanya terkait pertanyaan yang ditanyakan penyidik kepada Saut, Umar enggan menjelaskan."Jangan tanya materinya. Intinya beliau (Saut) sudah kooperatif sebagai warga negara yang baik sudah datang memenuhi panggilan penyidik," katanya.

Sebelumnya Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) melaporkan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia, atas pernyataannya dalam wawancara di stasiun televisi swasta.

Laporan tersebut dicatat pada nomor LP/479/V/2016/Bareskrim tertanggal 9 Mei 2016. Situmorang dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah sebagaimana dimaksud dalam pasal 310 KUHP jo pasal 311 UU Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dalam acara bincang-bincang di TvOne, Benang Merah, bertajuk Harga Sebuah Perkara, pada 5 Mei 2016, Saut menyinggung sejumlah kader HMI yang terbukti korupsi saat menjadi pejabat negara.

"Lihat saja tokoh-tokoh politik, itu orang-orang pintar semuanya, cerdas. Saya selalu bilang, kalau dia HMI minimal dia ikut LK-1, saat mahasiswa itu pintar, tapi begitu menjabat dia jadi curang, jahat, greedy," kata Saut dalam acara televisi itu.

Atas pernyataan Saut, Pihak PB HMI melaporkan Saut ke polisi dan mendesak Saut segera meminta maaf kepada seluruh keluarga besar HMI atas pernyataannya tersebut.

Saut sendiri sudah menggelar konferensi pers dan meminta maaf kepada HMI. Kendati demikian PB HMI tidak mencabut laporannya.(ant)

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    KPK Panggil Adik Bambang Widjojanto

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin memanggil dua saksi dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan "Quay Container Crane" (QCC) di Pelindo II dengan tersangka man

  • 7 bulan lalu

    Eks Kalapas Sukamiskin Kembali Jadi Tersangka

    BANDUNG (EKSPOSnews): Pengacara Mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Wahid Husein, Firma Uli Sialahi, menyatakan masih belum paham terkait perkara yang menjerat kliennya hingga ke

  • 7 bulan lalu

    2 Ruangan PURR Indramayu Disegel KPK

    INDRAMAYU (EKSPOSnews): Dua ruangan yang berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, disegel oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menyusul penangkapan

  • 9 bulan lalu

    Penasehat KPK Ancam Mengundurkan Diri

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohammad Tsani Annafari mengancam akan mundur sebagai penasihat KPK periode 2017-2021 bila ada orang yang cacat etik terpilih sebagai

  • 9 bulan lalu

    18 Capim KPK yang Lolos Seleksi Tak Layak Pimpin Lembaga Antirasuah?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi menanggapi pernyataan juru bicara KPK Febri Diansyah soal rekam jejak 20 calon pimpinan yang lolos pada tahap profile assess

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99