Selasa, 07 Jul 2020

Satgas Saber Pungli OTT Ratusan Orang, Urutan Teratas Jawa Barat

Oleh: Jallus
Kamis, 27 Jul 2017 05:19
BAGIKAN:
istimewa
Operasi Tangkap Tangan (OTT).
PADANG (EKSPOSnews): Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Satgas Saber Pungli telah melakukan 875 Operasi Tangkap Tangan (OTT) secara nasional hingga Juli 2017.

"Jawa Barat adalah yang paling aktif dengan 200 kasus yang ditangani," kata Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Irjen Pol M. Ghufron di Padang, usai bersilaturahmi dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, didampingi Ketua Pokja Pencegahan Tim Satgas Saber Pungli Pusat Asep Kurnia.

Sementara itu, Satgas Saber Pungli Sumbar, menurut dia, telah menangani 14 kasus pungutan liar. Kasus yang dominan, pungli berbagai instansi pelayanan publik.

Menurut data, kata dia, kasus pungutan liar rata-rata memang terjadi pada instansi pelayanan publik yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

"Ke depan itu tetap menjadi perhatian tim," kata dia, Rabu 26 Juli 2017.

Kedatangan Tim Saber Pungli Pusat ke Sumbar bukan untuk melakukan OTT, namun untuk melakukan sosialisasi kegiatan saber pungli terhadap Unit Pemberantasan Pungli (UPP), mahasiswa, pelajar dan masyarakat di Kota Padang.

"Sosialisasi itu untuk membangun sistem pelayanan antipungli di Indonesia," katanya.

Sosialisasi pungli tersebut juga akan dilaksanakan di seluruh provinsi Indonesia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta masyarakat dan pejabat pemerintah di Sumbar untuk menghilangkan kebiasaan memberikan tanda terima kasih pada pelayanan pemerintah.

"Itu bisa dikategorikan pungli, jika terkena OTT tidak hanya yang menerima pungli yang berurusan dengan hukum, tetapi pemberi juga bisa ditangkap oleh Tim Ssatgas Saber Pungli," katanya.

Ia juga mengingatkan petugas atau pejabat pemerintahan yang berhubungan dengan pelayanan publik, jangan sekali-sekali meminta imbalan pada masyarakat.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    RNI Minta Perlindungan Hukum Aset Negara Kepada Satgas Saber Pungli

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mengajukan permohonan perlindungan hukum terhadap aset negara kepada Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kemenk

  • 2 tahun lalu

    RNI Dorong Pengusutan Penyerobotan Lahan HGU PG Jatitujuh ke Satgas Saber Pungli

    JAKARTA (EKSPOSnews): Salah satu Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang agroindustri, PT PG Rajawali II, terus berupaya menyelesaikan permasalahan penyero

  • 2 tahun lalu

    Saber Pungli Tangkap 2 Petugas Dinas Perhubungan Rembang

    TEMANGGUNG (EKSPOSnews): Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bereaksi keras atas tertangkapnya dua petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang dalam operasi tangkap tangan Saber Pungli.Ganjar di Teman

  • 3 tahun lalu

    Tim Saber Pungli Padang Akan Tingkatkan Kinerja

    PADANG (EKSPOSnews): Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan pihaknya untuk meningkatkan kinerja pada 2018, dengan memperbanyak pengungkap

  • 3 tahun lalu

    Oknum Pengadilan Stabat Terkena OTT Saber Pungli

    MEDAN (EKSPOSnews): Polda Sumatera Utara melakukan operasi tangkap tangan terhadap seorang oknum yang mengaku pegawai Pengadilan Negeri Stabat yang melakukan pungutan liar.Kapolda Sumut Irjen Pol Paul

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99