Rabu, 01 Apr 2020

Satgas Pamtas Amankan 1 Kilogram Ganja di Perbatasan RI-PNG

Oleh: alex
Selasa, 06 Nov 2018 04:11
BAGIKAN:
istimewa.
Ganja.
JAYAPURA (EKSPOSnews): Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas- Pamtas) RI-Papua Nugini (PNG) dari Yonif Para Raider (PR) 501 Kostrad berhasil menemukan dan mengamankan sebanyak 1 kilogram ganja tak bertuan di dekat Pantai Lokpon, Kampung Skouw Sae, Dsitrik Muaratami, Kota Jayapura, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif PR 501 Kostrad Letkol (Inf) Eko Anthoni Chandra di Kota Jayapura, mengatakan penemuan satu kg ganja itu merupakan pengembangan informasi dari masyarakat setempat.

"Ini merupakan sinergi antara Satgas Yonif PR 501 Kostrad bersama masyarakat perbatasan sehingga bisa menemukan dan mengamankan barang haram tersebut," katanya, Senin 5 November 2018.

Berawal dari laporan warga sekitar Pos Muara Tami yang melihat ada dua orang yang mencurigakan di dekat Pantai Lokpon saat sedang perjalanan pulang seusai memancing."Laporan tersebut langsung dianalisa oleh pihak Pos Muara Tami dan langsung membentuk tim patroli untuk mengecek kebenaran dari laporan masyarakat tersebut," katanya.

Sesaat sebelum tim patroli memasuki Pantai Lokpon, kata dia, tim patroli mendengar seperti suara "speedboat" yang baru saja dihidupkan, sehingga tim patroli segera melakukan pengejaran ke arah sumber suara.

"Namun sebelum tim patroli Satgas mendekat ke sumber suara, speedboat tersebut langsung melarikan diri ke tengah laut dan terlihat ada dua orang berada diatas speedboat tersebut," katanya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, tim patroli Satgas langsung memutuskan untuk kembali dan melakukan penyisiran di sekitar Pantai Lokpon.

Apalagi pihaknya telah mempelajari setiap modus operandi kasus penyelundupan ganja yang berhasil dibongkar sebelumnya, sehingga tim patroli Satgas tak butuh waktu lama untuk menemukan apa yang sedang dilakukan kedua orang tersebut.

"Tim patroli Satgas menemukan sebuah tas yang berisikan 52 paket ganja kering siap edar seberat 1 Kg yang disembunyikan diantara bebatuan karang di pinggir Pantai Lokpon," katanya.

Selanjutnya, kata dia, 52 paket ganja kering tersebut dibawa dan diamankan ke Pos Kotis Satgas Yonif PR 501 Kostrad.

"Dugaan sementara kedua orang tersebut telah melakukan transaksi jual beli narkoba. Mereka tidak melakukan transaksi secara langsung, tetapi si pengedar meletakan ganja tersebut di suatu tempat yang telah disepakati sebelumnya yang kemudian ganja tersebut akan diambil oleh si pembeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari pantauan petugas," katanya.

Terkait masalah ini, Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat perbatasan di Skouw yang telah tanggap dan waspada terhadap oknum-oknum yang berusaha mengedarkan narkoba di kampung mereka.

"Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat perbatasan sangat menolak beredarnya narkoba jenis apapun di kampung mereka. Ganja yang telah diamankan oleh Satgas telah menyelamatkan kampung mereka dari keganasan narkoba, serta menyelamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya narkoba," kata Eko Anthoni Chandra.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    BNN Musnahkan Sabu dan Ganja Sitaan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional memusnahkan ratusan kilogram barang bukti penyalahgunaan narkoba yang disita dalam kurun Juli hingga Agustus 2019. Kepala BNN Komjen Heru Winarko me

  • 9 bulan lalu

    Bibit Ganja Dibawa dari Papua Nugini

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Prajurit TNI yang menjaga perbatasan RI-PNG, Yonif PR 328/DGH berhasil mengamankan GS (32), seorang pemuda asal Waris, Kabupaten Keerom yang kedapatan membawa bibit ganja dari t

  • 9 bulan lalu

    BNN Sita 14 Kilogram Ganja Kering

    JAMBI (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi menyita 14 Kg ganja kering di Kawasan Kota Jambi yang di kemas dalam 14 paket siap diedar dari seorang kurir narkotika di Jambi.Penan

  • 10 bulan lalu

    Polresta Banda Aceh Tangkap Tersangka Pemilik 61 Kilogram Ganja

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polresta Banda Aceh dibantu personel Direktorat Polda Aceh menangkap seorang tersangka kepemilikan 50 bal dengan berat kotor 61 kilogram (kg)

  • 10 bulan lalu

    TNI-Polri Sita 5 Kilogram Ganja Kering di Surabaya

    SURABAYA (EKSPOSnews): Aparat Koramil dan Polsek Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya berhasil mengamankan ganja kering seberat 5 kilogram milik salah satu penghuni kos di Jalan Kutisari, Kelurahan Kutisar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99