Selasa, 26 Mei 2020

Polisi Tembak Mati Penjahat di Musirawas

Senin, 13 Jun 2016 10:34
BAGIKAN:
MUSIRAWAS (EKSPOSnews): Anggota Buru Sergap Polres Musirawas, Sumatera Selatan menembak mati Sangkut (40) warga Simpang Singkut, Kabupaten Sarolangun, Jambi yang diketahui seorang penjahat yang melawan dengan berusaha merebut senjata petugas saat akan ditangkap.

Kapolres Musirawas AKBP Herwansyah Saidi melalui Wakapolres Kompol Yoga Baskara di Musirawas, menjelaskan korban ditembak setelah melawan petugas dengan merebut senjata polisi dan dipinggangnya terdapat sebuah senjata laras pendek diduga rakitan.

Disebutkan, sebelum dilumpuhkan dengan timah panas, polisi sudah melakukan tiga kali tembakan peringatan, korban bukan mau menyerah malah menyerang polisi dengan senjata tajam dan berupaya merebut senjata petugas.

"Untuk menghindari petugas dari ancaman penjahat kambuhan itu, melakukan tembakan peringatan terlihat makin agrisif melawan petugas langsung dilumpuhkan dengan timah panas," ujarnya Senin 13 Juni 2016.

Korban langsung dibawa ke rumah sakit terdekat, namun dalam perjalanan menghembuskan napas terakhir akibat terlalu banyak mengeluarkan darah, korban ditangkap berdasarkan laporan polisi nomor LP/B-26/III/2016/SS/Res Mura/Sek Rupit/ tanggal 14 Maret 2016.

Tim Buru Sergap (Buser) Polres Musirawas langsung mencari pelaku karena sebelumnya melakukan perampokan sepeda motor di Jalan Lintas Sumatera Desa Karang Anya, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musirawas Utara terhadap korban Abi Lesmana yang melintas di jalan tersebut.

Berdasarkan keterangan saksi, Sangkut dan teman-temannya saat bereaksi menggunakan dua sepeda motor tanpa plat nomor dan memepet motor korban Abi Lesmana, salah seorang pelaku langsung kunci kontak korban, sedangkan Sangkut dan temannya mengawasi kejahatan itu dari jarak jauh.

Setelah berhasil merampas motor korbannya, terduga pelaku membawa kabur sepda motor itu arah Desa Remban, Kecamatan Rawas Ulu setempat dan Abi langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek terdekat, ujarnya.

Tim Buser dipimpin Ipda Bertu Haridyaka menjelaskan kronologis penangkapan awalnya Tim Buser gabungan, Rabu (8/6) mendatangi kediaman tersangka Sangkut di Jalan Simpang Singkut II, Kelurahan Bukit Tigo Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Pada saat dilakukan penangkapan tersangka melakukan perlawanan dengan cara melompat dari jendela rumah dan menembak kearah anggota dan langsung berlari ke arah hutan, anggota Buser mengejar dan memberikan tembakan peringatan ke udara tiga kali.

Namun tersangka tetap berlari dan menembak kearah anggota, tersangka sempat adu fisik dengan anggota dan berupaya merebut senjata petugas tersebut, melihat tindakan tersangka sangat brutal dan membahayakan petugas, terpaksa menembak kearah Sangkut sebagai upaya untuk melumpuhkan.

Selanjutnya tersangka jatuh dan langsung diamankan, saat tersangka dibawa ke rumah sakit, kehabisan darah dan meninggal diperjalanan, petugas berhasil mengamankan satu pucuk senjata api laras pendek (kecapek).

Selain itu berdasarkan hasil penyidikan sementara tersangka Sangkut diduga terlibat dalam sepuluh tindak kejahatan pencurian dengan kekerasan (365KUHPPidana).

Kesepuluh tindak kejahatan yang dilakukan korban antara lain laporan polisi :LP/B-49/IV/2016/SS/RES Mura/Sek Rws Ulu, LP/B-54/V/2016/SS/RES MURA/Sek Rupit, LP/B-22/III/2016/SS/RES MURA/Sek Rupit, LP/B-47/III/2016/SS/RES MURA/Sek Rawas Ulu dan LP/B-64/IV/2016/SS/RES MURA/Sek Rawas Ulu, jelasnya.(ant)

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Polisi Cokok Pria Pembawa Sabu 2 Kilogram

    PADANG (EKSPOSnews): Polda Sumatera Barat menangkan seorang pria berinisial H (41) yang diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat dua kilogram melalui bus antar provinsi di Kabupaten 50 Kota, Sum

  • 7 bulan lalu

    Seorang Anggota Polisi di Medan Dibacok

    MEDAN (EKSPOSnews): Seorang anggota polisi di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polrestabes Medan mengalami luka serius usai dibacok oleh pelaku pencabulan saat korban hendak mengama

  • 8 bulan lalu

    Ninoy Ancam Laporkan Pengurus Masjid Al Falaah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pegiat media sosial Ninoy Karundeng mengancam akan melaporkan Ketua Pengurus Masjid Al Falaah, Iskandar, ke polisi lantaran menyebarkan informasi yang tidak benar terkait peristi

  • 9 bulan lalu

    Polisi Baku Tembak dengan Pencuri Pistol

    JAMBI (EKSPOSnews): Tim gabungan Resmob Ditreskrimum Polda Jambi dan Polres Sarolangun serta Polres Muarojambi menangkap pelaku pencurian senjat api (senpi) milik anggota Polsek Pauh, Kabupaten Sarola

  • 10 bulan lalu

    Pelaku Pencabulan Anak Melalui Medsos Ditangkap Polisi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Subdit 1 Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap seorang pria berinisial TR (25 tahun) yang menjadi pelaku kasus eksploitasi dan kekerasan seksual terha

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99