Minggu, 21 Okt 2018

Polisi Tangkap Pembobol ATM

Oleh: marsot
Jumat, 21 Sep 2018 13:01
BAGIKAN:
istimewa.
Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
JAMBI (EKSPOSnews): Anggota Reskrim Polsek Kotabaru Kota Jambi menangkap seorang residivis pelaku pembobol uang nasabah di mesin Anjungan Tunai Mandiri dengan modus menganjal kartu ATM dan menggantikannya dengan yang palsu.

Pelaku pembobol uang nasabah di mesin ATM yang ditangkap anggota kepolisian Jambi itu adalah Karel Adha (36) warga Perumahan Villa Kenali Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Tersangka dibekuk tanpa perlawanan, kata Kanit Reskrim Polsek Kota Baru Ipda Aprianasdi, di Jamb Jumat 21 September 2018.

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan beberapa hari lalu dimana kasusnya dapat terungkap berkat adanya laporan seorang bernama Syahrialisman (50) warga Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi.

Berdasarkan laporan LP /B- 584/VIII/2018/SPKT III, Polsek Kota Baru tertanggal 24 Agustus 2018 kasus itu dikembangkan dan polisi berhasil mendapatkan identitas pelaku berdasakan rekaman CCTV di mesin ATM.

Modus yang dilakukan terhadap korban Syahrialisman saat melakukan transaksi di mesin ATM , mesih itu sudah diganjal dan secara bersamaan datang seorang laki-laki tidak dikenal terus berdiri di dekat mesin ATM tersebut. Kemusian memberikan Kartu ATM kepada korban yang merasa kartu ATM-nya tertelan mesin, kemudian berhasil dikeluarkan pelaku.

Setelah korbannya pergi kemudian uang di dalam tabungan korban ditransfer ke rekening lainnya dan kemudian korban pergi ke tempat mesin ATM lainnya untuk mengambil uang namun ATM tersebut tidak dapat di proses.

Setelah korban tibadi rumahnya, pelapor menerima pesan singkat dari ( SMS Banking bahwa uang sebesar Rp 25 juta) yang menginformasikan adanya transaksi keluar melalui rekening miliknya.

Setelah itu kemudian pelaku melaporkan kasus itu dan polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), melakukabn identifikasi dan penyelidikan, sehingga dapat diketahui indetitas pelaku. Setelah melakukan penyelidikan polisi menangkap pelaku tanpa perlawanan..

Dari pengakuannya pelaku telah berulang kali melakukan aksi serupa, termasuk pernah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Lampung dalam kasus yang sama.

Yang bersangkutan mengakui beberapa titik yang menjadi lokasi aksinya yakni di ATM di dekat Puri Mayang tepatnya di Jalan Serma Ishak Ahmad, Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal tindak pidana pencurian dan pemberatan atau komplotan dengan modus ganjal kartu ATM di mesin ATM, sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHPidana.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Polisi Dalami Kelalaian dalam Kasus Pembobolan 14 Bank

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri mendalami kelalaian dalam kasus pembobolan 14 bank dengan total kerugian mencapai Rp14 triliun oleh lembaga p

  • 4 hari lalu

    Polisi Ciduk Pelaku Pencabulan Anak

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Polsek Biringkanaya mengamankan pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur yang merupakan pengungsi gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).Kepala Sub Bagian Humas

  • satu minggu lalu

    Polisi Tangkap Pencuri Sarang Burung Walet

    BUNTOK (KICAU): Aparat Kepolisan Polres Barito Selatan, Kalimantan Tengah berhasil menangkap empat orang kawanan pencuri sarang walet di Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala."Keempat orang pelak

  • satu minggu lalu

    Polisi Tahan Ketua DPRD Samarinda

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif ditahan Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri karena dugaan melakukan penipuan dan penggelapan.Kepala Divisi Humas Polri

  • satu minggu lalu

    Polisi Sita Rekam Medis Ratna Sarumpaet

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Polda Metro Jaya menyita rekam medis bedah plastik tersangka ujaran kebohongan Ratna Sarumpaet di Rumah Sakit Bina Estetika Menteng Jakarta Pusat."Petugas ambil rekam me

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99