Rabu, 16 Jan 2019

Polisi Tangkap Pembobol ATM

Oleh: marsot
Jumat, 21 Sep 2018 13:01
BAGIKAN:
istimewa.
Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
JAMBI (EKSPOSnews): Anggota Reskrim Polsek Kotabaru Kota Jambi menangkap seorang residivis pelaku pembobol uang nasabah di mesin Anjungan Tunai Mandiri dengan modus menganjal kartu ATM dan menggantikannya dengan yang palsu.

Pelaku pembobol uang nasabah di mesin ATM yang ditangkap anggota kepolisian Jambi itu adalah Karel Adha (36) warga Perumahan Villa Kenali Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Tersangka dibekuk tanpa perlawanan, kata Kanit Reskrim Polsek Kota Baru Ipda Aprianasdi, di Jamb Jumat 21 September 2018.

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan beberapa hari lalu dimana kasusnya dapat terungkap berkat adanya laporan seorang bernama Syahrialisman (50) warga Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi.

Berdasarkan laporan LP /B- 584/VIII/2018/SPKT III, Polsek Kota Baru tertanggal 24 Agustus 2018 kasus itu dikembangkan dan polisi berhasil mendapatkan identitas pelaku berdasakan rekaman CCTV di mesin ATM.

Modus yang dilakukan terhadap korban Syahrialisman saat melakukan transaksi di mesin ATM , mesih itu sudah diganjal dan secara bersamaan datang seorang laki-laki tidak dikenal terus berdiri di dekat mesin ATM tersebut. Kemusian memberikan Kartu ATM kepada korban yang merasa kartu ATM-nya tertelan mesin, kemudian berhasil dikeluarkan pelaku.

Setelah korbannya pergi kemudian uang di dalam tabungan korban ditransfer ke rekening lainnya dan kemudian korban pergi ke tempat mesin ATM lainnya untuk mengambil uang namun ATM tersebut tidak dapat di proses.

Setelah korban tibadi rumahnya, pelapor menerima pesan singkat dari ( SMS Banking bahwa uang sebesar Rp 25 juta) yang menginformasikan adanya transaksi keluar melalui rekening miliknya.

Setelah itu kemudian pelaku melaporkan kasus itu dan polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), melakukabn identifikasi dan penyelidikan, sehingga dapat diketahui indetitas pelaku. Setelah melakukan penyelidikan polisi menangkap pelaku tanpa perlawanan..

Dari pengakuannya pelaku telah berulang kali melakukan aksi serupa, termasuk pernah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Lampung dalam kasus yang sama.

Yang bersangkutan mengakui beberapa titik yang menjadi lokasi aksinya yakni di ATM di dekat Puri Mayang tepatnya di Jalan Serma Ishak Ahmad, Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal tindak pidana pencurian dan pemberatan atau komplotan dengan modus ganjal kartu ATM di mesin ATM, sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHPidana.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Polisi Cari Pelaku Teror Pimpinan KPK

    JAKARTA (EKSPOSnews): Polisi mencari pelaku teror bom palsu di kediaman Ketua KPK Agus Rahardjo pada Rabu (9/1) pagi dengan sidik jari yang ditemukan di bom palsu tersebut."Dari Inafis coba akan menda

  • 3 minggu lalu

    33 Anggota Polisi Dipecat

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto mengatakan selama 2018, sebanyak 33 anggota polisi di Lampung dikenakan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias dipe

  • satu bulan lalu

    Tim Bentukan Pemkab Nduga Tak Dikawal Polisi dan TNI

    WAMENA (EKSPOSnews):Aparat kepolisian dan TNI mempersilahkan tim bentukan Pemerintah Kabupaten Nduga, Papua, bekerja di lapangan yakni di lokasi pembunuhan para pekerja konstruksi di Distrik Yall, tan

  • satu bulan lalu

    Polisi Sita Ribuan Hektare Kebun Sawit

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Aceh melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum menyita ribuan hektare lahan perkebunan milik PT Delima Makmur di Kabupaten Aceh Singkil.Kepala Bidang Humas Po

  • 2 bulan lalu

    Polisi Ungkap Pelecehan Terhadap Anak Dibawah Umur

    SOLO (EKSPOSnews): Polisi mengungkap kasus pelecehan terhadap anak di bawah umur dengan menangkap Supriyanto (34) warga Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, yang saat ini ditahan di Polsek Laweyan Polres Kot

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99