Kamis, 22 Agu 2019

Polisi Riau Bantah Nongkrong dengan Pemilik Perusahaan Pembakar Hutan

Jumat, 02 Sep 2016 19:23
BAGIKAN:
ist
Hutan terbakar.

PEKANBARU (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Riau membantah foto tiga perwira polisi menengah yang disebut nongkrong bareng atau "kongkow" dengan pimpinan perusahaan sawit PT Andika Permata Sawit Lestari yang saat ini dalam penyelidikan kasus kebakaran hutan dan lahan.

"Perlu diluruskan disini, bahwa itu tidak benar adanya," kata Direktur Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Surawan dalam keterangan kepada media di Pekanbaru, Jumat 2 September 2016.

Surawan merupakan salah satu orang yang ada di dalam foto bersama Kombes Rivai Sinambela dan Kombes Tony Hermawan. Rivai merupakan Direktur Kriminal Khusus Polda Riau sementara Tony merupakan Kapolresta Pekanbaru.

Dalam foto yang disebarkan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Bahana Mahasiswa Universitas Riau, Wahana Lingkungan Hidup, Jikalahari, Fitra, Lembaga Bantuan Hukum Pekanbaru, Riau Riset Center, dan Pakar Lingkungan Hidup Dr. Elvriadiberedar itu, terlihat ketiga penegak hukum tersebut bersama dengan sejumlah orang dengan salah satunya merupakan pimpinan perusahaan PT Andhika Permata Sawit Lestari (APSL).

Perusahaan yang berada di Kabupaten Rokan Hulu tersebut saat ini dalam penyelidikan kepolisian. Polisi menyebut 800 hektare lahan perusahaan tersebut terbakar pada pertengahan Agustus 2016 lalu.

Beredarnya foto itu setelah aktivis lingkungan dan mahasiswa menyebar luaskan kepada media dan masyarakat pada Kamis malam kemarin (1/9). Di dalam foto itu tertulis "Petinggi Polisi Kongkow Dengan Pos Pembakar Lahan".

Surawan mengatakan keberadaan foto tersebut telah menimbulkan persepsi buruk dan menjatuhkan citra kepolisian. Ia menuturkan bahwa foto itu diambil saat dirinya bersama dengan perwakilan Divisi Propam Mabes Polri sedang melakukan analisa dan evaluasi terkait peristiwa Meranti beberapa waktu lalu.

"Ditkrimum Polda Riau tergabung dengan Div Propam Mabes Polri untuk menangani perkara tersebut. Saat itu kita sedang Anev bersama Kombes Hendra (Jajaran Div Propam Mabes Polri)," jelasnya.

Menurutnya Surawan dan Hendra merupakan satu rekan akrab dan satu angkatan bersama Rivai Sinambela dan Tony Hermawan, mereka sepakat untuk berkumpul dan makan bersama. Keempatnya lalu berkumpul di lantai tujuh salah satu hotel berbintang di Kota Pekanbaru.

Pada saat duduk dan makan bersama, di meja seberang duduk pengelola hotel yang mereka kenal. "Melihat mereka duduk dan kita mengenal baik, kita berinisiatif untuk sambangi mereka. Lalu mereka minta foto bersama. Hanya itu. Tidak ada obrolan mengarah ke perusahaan atau lainnya," ujarnya.

Setelah foto bersama, ia mengatakan kembali duduk ke tempat asal. Hal senada disampaikan Kapolda Riau, Brigadir Jenderal Supriyanto terkait beredarnya foto tersebut. Dia mengatakan, Polda Riau secara serius terus menangani penegakan hukum perkara kebakaran hutan dan lahan.

"Kita serius menangani kebakaran hutan dan lahan. Info sekecil apapun, kita dalami. Saya sudah perintahkan kepada Kapolres untuk langsung mendalami lahan yang terbakar. Itu instruksi saya," tegasnya.

Sementara itu, terkait kebakaran di PT APSL, Polda Riau menegaskan terus melakukan pendalaman. Kasubdit IV Ditkrimsus Polda Riau, AKBP Hariwiyawan Harun mengatakan penyidik bersama Polres Rohul pada Jumat hari ini akan melakukan gelar perkara.

"Sejumlah saksi dari perusahaan dan masyarakat telah kita mintai keterangan. Sore ini kita gelar perkara. Lahan yang terbakar sekitar 800 hektar. Hasil penyelidikan sementara, lahan terbakar dari luar perusahaan atau milik masyarakat. Pemilik lahan berinisial TB sedang kita kejar," jelasnya.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Polisi Ringkus Pemilik Sabu-Sabu

    KENDARI (EKSPOSnews): Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulawesi Tenggara meringkus dua tersangka atas tuduhan kepemilikan 932,74 gram bruto narkotika jenis sabu-sabu.Kasubbid Penmas Polda Sul

  • 3 bulan lalu

    Ketika Pemilik Warung yang Dijarah Massa Ketemu Presiden

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ismail (68), pemilik warung kopi dan mie rebus di Perempatan Sabang, Jakarta Pusat, yang menjadi korban penjarahan saat aksi ricuh 22 Mei, mengaku tak menyangka bisa bertemu Pres

  • 4 bulan lalu

    Budaya Perusahaan

    Nilai-nilai perusahaan atau biasa yang disebut dengan corporate values perlu dibuat untuk membentuk kebiasaan kerja yang baru. Bila setiap orang di tempat kerja sudah terbiasa bersikap dan bertindak b

  • 4 bulan lalu

    Pemilik Sabu-Sabu Dicampur Arang Ditangkap di Pekanbaru

    JAKARTA (EKSPOSnews): Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil membekuk pemilik narkotika jenis sabu-sabu yang diselundupkan dengan truk kontainer melalui tol Bakauheni, Lampung, Sen

  • 5 bulan lalu

    Anak Perusahaan PTPN III dan IV Mulai Pasarkan Minyak Goreng Kemasaran

    PABATU (EKSPOSnews): PT Industri Nabati Letasi (INL) anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara III (persero) dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Medan mulai memasarkan minyak goreng kemasan merek Salv

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99