Kamis, 16 Agu 2018

Penyelundup Manusia Divonis Bebas, Jaksa Kasasi

Oleh: alex
Kamis, 12 Okt 2017 18:37
BAGIKAN:
istimewa.
Vonis hakim.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Dumai, Riau, memastikan kelanjutan proses hukum dengan mengirim memori kasasi atas putusan bebas dari Pengadilan Negeri Dumai terhadap tiga terdakwa penyelundup manusia.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Dumai Emri Kurniawan di Dumai, Kamis mengatakan memori kasasi masing-masing terdakwa telah selesai disusun oleh tim jaksa yang menangani perkara tersebut.

"Memori kasasi untuk terdakwa Teuku Said Saleh, Adlis dan satu terdakwa WNA, Jowel Miah, telah selesai disusun dan hari ini segera kami kirimkan ke Mahkamah Agung (MA)," katanya, Kamis 12 Oktober 2017.

Emri meyakini upaya hukum kasasi yang dilakukan pihaknya terhadap vonis bebas tersebut akan terbukti di Mahkamah Agung (MA).

"Pertimbangan majelis hakim dalam amar putusannya tentang teknis pembuktian yang dinilai lemah dan tidak adanya saksi korban yang dihadirkan oleh JPU, itu akan kami buktikan dalam memori kasasinya" ujar Emri.

Ia mengakui sempat terkejut mendengar vonis bebas itu. Padahal, menurutnya, majelis hakim yang menangani perkara tersebut juga pernah menyidangkan perkara penyelundupan yang sama pada awal tahun ini, dan menvonis selama lima tahun penjara terhadap para pelakunya.

Untuk diketahui kasus penyelundupan manusia ini dapat dibongkar dan ditangkap tiga orang pelakunya atas kerja sama Polres Dumai dengan Mabes Polri di Jakarta berdasarkan pengembangan informasi dari Interpol sejak tahun 2011.

Terakhir, kegiatan sindikat penyelundupan manusia yang dilakukan oleh Teuku Said Saleh Cs. tersebut dapat dibongkar oleh aparat keamanan saat akan diberangkatkannya 74 warga negara Bangladesh dan Iran ke malaysia lewat Dumai pada tahun 2016.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Pelaku Ilegal Logging Divonis Bebas

    PALU (EKSPOSnews): Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Palu yang diketuai Ernawati,  menjatuhkan vonis bebas kepada Direktur CV Alam Jaya Prima, Asfar BS Lamongki, sebagai terdakwa kasus "illega

  • 7 bulan lalu

    Terdakwa Pemerkosa Pelajar SMP Divonis Bebas

    SUKABUMI (EKSPOSnews): Terdakwa kasus pemerkosaan gadis pelajar SMP di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berinisial RO divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cibadak."Kami terkejut setelah m

  • 8 bulan lalu

    2 Terdakwa Pungutan Liar Divonis Bebas

    SAMARINDA (EKSPOSnews): Dua terdakwa kasus dugaan pungutan liar di Terminal Peti Kemas Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur, yakni Jafar Abdul Gaffar dan Dwi Winarno, divonis bebas oleh majelis hakim

  • 9 bulan lalu

    Terdakwa Penyelundupan Manusia Divonis 5 Tahun Penjara

    NUNUKAN (EKSPOSnews): Terdakwa kasus penyelundupan manusia ke Negeri Sabah, Malaysia bernama Malle Rabbi (43) akhirnya divonis selama lima tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Nunukan, K

  • tahun lalu

    Gawat...ASN Cabul di Ambon Divonis Bebas

    AMBON (EKSPOSnews): Kejati Maluku melakukan upaya kasasi terhadap putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon yang memvonis bebas Abdullah Hamu, seorang Aparatur Sipi Negara(ASN) karena melakukan pe

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99