Selasa, 24 Okt 2017

Penyelundup Manusia Divonis Bebas, Jaksa Kasasi

Oleh: alex
Kamis, 12 Okt 2017 18:37
BAGIKAN:
istimewa.
Vonis hakim.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Dumai, Riau, memastikan kelanjutan proses hukum dengan mengirim memori kasasi atas putusan bebas dari Pengadilan Negeri Dumai terhadap tiga terdakwa penyelundup manusia.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Dumai Emri Kurniawan di Dumai, Kamis mengatakan memori kasasi masing-masing terdakwa telah selesai disusun oleh tim jaksa yang menangani perkara tersebut.

"Memori kasasi untuk terdakwa Teuku Said Saleh, Adlis dan satu terdakwa WNA, Jowel Miah, telah selesai disusun dan hari ini segera kami kirimkan ke Mahkamah Agung (MA)," katanya, Kamis 12 Oktober 2017.

Emri meyakini upaya hukum kasasi yang dilakukan pihaknya terhadap vonis bebas tersebut akan terbukti di Mahkamah Agung (MA).

"Pertimbangan majelis hakim dalam amar putusannya tentang teknis pembuktian yang dinilai lemah dan tidak adanya saksi korban yang dihadirkan oleh JPU, itu akan kami buktikan dalam memori kasasinya" ujar Emri.

Ia mengakui sempat terkejut mendengar vonis bebas itu. Padahal, menurutnya, majelis hakim yang menangani perkara tersebut juga pernah menyidangkan perkara penyelundupan yang sama pada awal tahun ini, dan menvonis selama lima tahun penjara terhadap para pelakunya.

Untuk diketahui kasus penyelundupan manusia ini dapat dibongkar dan ditangkap tiga orang pelakunya atas kerja sama Polres Dumai dengan Mabes Polri di Jakarta berdasarkan pengembangan informasi dari Interpol sejak tahun 2011.

Terakhir, kegiatan sindikat penyelundupan manusia yang dilakukan oleh Teuku Said Saleh Cs. tersebut dapat dibongkar oleh aparat keamanan saat akan diberangkatkannya 74 warga negara Bangladesh dan Iran ke malaysia lewat Dumai pada tahun 2016.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Gawat...ASN Cabul di Ambon Divonis Bebas

    AMBON (EKSPOSnews): Kejati Maluku melakukan upaya kasasi terhadap putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon yang memvonis bebas Abdullah Hamu, seorang Aparatur Sipi Negara(ASN) karena melakukan pe

  • 6 bulan lalu

    Huuuu...Koruptor di Magetan Divonis Bebas!

    MAGETAN (EKSPOSnews): Narapidana kasus korupsi pengadaan sepatu dinas di lingkup PNS Kabupaten Magetan, Yusuf Ashari, dinyatakan bebas setelah Pengadilan Tinggi Surabaya mengabulkan banding yang diaju

  • 9 bulan lalu

    Januar Effendi Siregar, Tersangka Koruptor Dibebaskan Pengadilan Tipikor Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Medan membebaskan Januar Effendi Siregar, terdakwa mantan Pelaksana Ttugas Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Sibolga, Sumat

  • 9 bulan lalu

    Koruptor Divonis Bebas di Makassar

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar memvonis bebas Ketua Badan Legislasi DPRD Jeneponto, Sulawesi Selatan, Andi Mappatunru dalam perkara dugaan korupsi da

  • 10 bulan lalu

    Kejaksaan Ajukan Kasasi Kasus Vonis Bebas La Nyalla Mahmud Mattalitti

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan secara resmi mengajukan kasasi atas vonis bebas Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur periode 2011-2014, La Nyalla Mahmud Mattalitti atas perkara dugaan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99