Kamis, 22 Agu 2019

Padang Butuh Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Oleh: marsot
Selasa, 02 Apr 2019 03:44
BAGIKAN:
istimewa.
Irjen Pol Heru Widjanarko, Kepala BNN.
PADANG (EKSPOSnews): Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko mengatakan Sumatera Barat membutuhkan tempat rehabilitasi narkoba bagi masyarakat yang ingin sembuh dari ketergantungan barang haram tersebut.

“Kami minta sarana rehabilitasi ada di Sumbar sehingga mereka yang pernah menyalahgunakan narkoba dapat diobati dan jumlah narapidana di penjara tidak dipenuhi penyalahguna narkoba,” kata dia di Padang, Senin 1 April 2019.

Ia mengatakan kebutuhan ini telah dibicarakan dengan pemerintah daerah, menurut dia yang dibutuhkan bukanlah tempat khusus namun tempat yang ada agar diberdayakan mulai dari tempat rehab kesehatan, rehab sosial termasuk rumah sakit TNI dan Polri yang dapat dijadikan lokasi rawat inap bagi pecandu narkoba.

Kemudian untuk lokasi rawat jalan dapat dilakukan di Puskesmas, klinik-klinik yang ada di daerah ini. Jika lokasinya telah ada pihaknya akan menurunkan Deputi Rehab untuk melengkapi fasilitas rehab yang ada di daerah.

“Setiap tangkapan polisi atau BNNP akan dinilai apakah orang tersebut harus dipidanakan atau direhab sehingga penjara tidak lagi penuh karena pecandu narkoba,” kata dia.

Selain pencegahan dan pemberantasan, pihaknya juga mengoptimalkan kegiatan rehabilitasi bagi pecandu narkoba dengan membangun sistem rehabilitasi bagi penyalahguna dan pecandu narkoba secara komprehensif.

Kemudian meningkatkan akses dan kualitas pelayanan rehabilitasi dalam upaya memulihkan penyalahguna dan pecandu dari ketergantungan narkoba.

“Rehabilitasi juga dapat dilakukan terhadap penyalahguna atau pecandu narkoba yang melaporkan diri mereka atau keluarga yang mendatangi BNN untuk melaporkan keberadaan keluarga mereka,” katanya.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan untuk tempat rehabilitasi sudah ada satu di Kota Sawahlunto namun ke depannya tentu akan diperbanyak salah satunya adalah dengan memanfaatkan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang kewenangannya berada di bawah provinsi.

Selain itu Sumbar sendiri telah mengesahkan Perda P4GN sehingga memudahkan dalam melakukan pencegahan peredaran gelap narkoba di daerah itu.

“Kita akan minta Kesbangpol untuk menindaklanjuti apa yang dapat dilakukan setelah deklarasi ini. Kita juga meminta bupati dan wali kota yang telah deklarasi menjalankan program ini di daerah mereka masing-masing,” kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Jika Eks Tambang Tak Direhabilitasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Pemerintah akan menerapkan penegakan hukum kepada perusahaan yang tidak melakukan rehabilitasi terhadap lubang bekas galian tambang sehingga

  • 4 minggu lalu

    Bank Jateng Bantu Rehabilitasi Rumah

    TEMANGGUNG (EKSPOSnews): Bank Jateng membantu rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 100 unit rumah dan jamban keluarga di Kabupaten Temanggung sebesar Rp1,5 miliar atau masing-masing uni

  • 2 bulan lalu

    Merehabilitasi Rumah Tak Layak Huni di Pesisir Selatan

    PAINAN (EKSPOSnews): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak tiga tahun terakhir telah mengentaskan 3.095 unit rumah tidak layak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadi laya

  • 3 bulan lalu

    Wisatawan Akan Serbu Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Sebanyak satu juta wisatawan nusantara dan mancanegara diprediksi akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat saat libur Lebaran 2019, sehingga pemerintah dan pengelola destinasi wis

  • 3 bulan lalu

    RS Semen Padang Tak Layani Lagi Peserta BPJS Kesehatan

    PADANG (EKSPOSnews): Rumah Sakit Semen Padang atau Semen Padang Hospital tidak lagi melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat mulai awal Juni 2019 seiring tidak berlanjutnya ker

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99