Senin, 20 Mei 2019

Memusnahkan Ladang Ganja di Aceh

Oleh: alex
Jumat, 01 Mar 2019 04:53
BAGIKAN:
istimewa.
Ladang ganja.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh bersama TNI dan Polri memusnahkan ladang ganja dengan luas sekitar tiga hektare perkiraan mencapai 10 ribu batang tanaman terlarang ini.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Aceh Amanto, di Banda Aceh, mengatakan ladang ganja yang dimusnahkan berada di lereng Pegunungan Lembah Seulawah Gampong Pulo, Kecamatan Seulimum, Kabupaten Aceh Besar.

"Pemusnahan berlangsung Kamis ini. Pemusnahan melibatkan unsur TNI dari Kodim 0101 BS, Polres Aceh Besar, dan personel Polsek Seulimum," kata Amanto, Kamis 28 Februari 2019.

Lokasi ladang berjarak satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari ibu kota kecamatan. Kemudian, berjalan kaki menempuh rute terjal, licin dan sulit di kawasan hutan Pegunungan Lembah Seulawah.

"Personel menuju ke lokasi ladang memerlukan kewaspadaan tinggi untuk mengantisipasi kecelakaan. Banyak personel terpeleset akibat medan yang sulit," ujar Amanto.

Amanto menambahkan, pemusnahan ladang ganja tersebut merupakan wujud sinergi antara BNN dan TNI/Polri yang terus saling mendukung pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba di Provinsi Aceh.

Kepala BNNP Aceh Faisal Abdul Naser, ujar dia lagi, mengingatkan masyarakat tidak menanam ganja. Petani yang selama ini menanam ganja, diingatkan segera beralih menanam tanaman hortikultura.

Tanaman ganja merupakan narkotika golongan satu, dilarang keras oleh negara untuk disalahgunakan, sehingga perbuatan menanam ganja merupakan tindak pidana.

"BNN sudah menjalankan program pengembangan alternatif mengalihkan penanaman ganja ke tanaman yang memiliki nilai ekonomis lainnya, tetapi tidak melanggar hukum," kata Amanto.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    BUMN Santuni Anak Yatim di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdiri dari PT PLN, PTPN1 dan Adhi Karya, menggelar safari Ramadhan 1440 Hijriah dengan menyantuni 1.000 anak yatim Aceh.Santunan anak yatim d

  • 4 hari lalu

    Rekapitulasi Nasional Provinsi Aceh, Prabowo Ungguli Jokowi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Hasil rekapitulasi nasional Provinsi Aceh yang dilakukan KPU RI di Jakarta, Rabu malam menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengungguli perolehan suara Jokowi-Ma�

  • satu minggu lalu

    3 Kapal Asing di Belawan Akan Dimusnahkan

    MEDAN (EKSPOSnews): Kepala Kejaksaan Negeri Belawan Yusnani mengatakan, tiga unit kapal asing yang telah berkekuatan hukum, tetap dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan di wilayah perairan Belawan, Pr

  • 2 minggu lalu

    Pembunuhan Sadis di Aceh Utara

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Polisi masih mendalami motif pelaku pembunuhan sadis yang menewaskan ibu dan dua anaknya, di Desa Ule Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.“Terh

  • 2 minggu lalu

    Berburu Daging Meugang di Aceh

    Keniscayaan jika harga daging setiap menjelang puasa Ramadhan di seluruh Provinsi Aceh mencapai klimaksnya yakni di atas Rp150.000 per kilogram, bahkan terkadang bisa mencapai Rp200.000 per kilogram.S

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99