Jumat, 23 Feb 2018

MK Tolak Uji Materi Hak Angket DPR

Oleh: marsot
Jumat, 09 Feb 2018 05:00
BAGIKAN:
istimewa.
Sidang di MK.
JAKARTA (EKSPOSnews): Amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan menolak tiga permohonan uji materi Pasal 79 ayat (3) UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) terkait dengan hak angket DPR kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Menolak permohonan para Pemohon untuk seluruhnya," ucap Ketua Majelis Hakim Konstitusi Arief Hidayat ketika membacakan amar putusan Mahkamah di Gedung MK Jakarta, Kamis 8 Februari 2018.

Adapun tiga perkara tersebut terdaftar dengan nomor 36/PUU-XV/2017, 37/PUU-XV/2017, dan 40/PUU-XV/2017.

Perkara nomor 36 dimohonkan oleh gabungan mahasiswa dan dosen fakultas hukum yang menamai diri mereka Forum Kajian Hukum dan Konsitusi (FKHK). Sementara itu perkara nomor 37 diajukan oleh Horas A.M. Naiborhu selaku Direktur Eksekutif Lira Institute, dan perkara nomor 40 diakukan oleh sejumlah pegawai KPK.

Mahkamah dalam pertimbangannya berpendapat bahwa pokok permohonan para Pemohon tidak beralasan menurut hukum.

Mahkamah berpendapat bahwa meskipun tergolong lembaga penunjang dan bersifat independen, KPK masih termasuk lembaga eksekutif karena melaksanakan tugas dan wewenang sebagai lembaga eksekutif.

Dengan demikian, DPR mempunyai hak untuk meminta pertanggungjawaban kepada KPK sama seperti KPK yang memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab kepada publik, jelas Hakim Konstitusi yang membacakan pertimbangan Mahkamah.

Kendati demikian empat hakim konstitusi yaitu; Maria Farida Indrati, Saldi Isra, I Dewa Gede Palguna, dan Suhartoyo, memiliki pendapat berbeda (dissenting opinion) dari lima hakim konstitusi lainnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 9 jam lalu

    Lagi...Ketua Mahkamah Konstitusi Diminta Mundur

    JAKARTA (EKSPOSnews): Civitas akademika dari berbagai kampus di Yogyakarta mengirim surat kepada Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat, yang meminta kesediaan dan kerelaan Arief untuk mundur da

  • 24 jam lalu

    Desakan Agar Arief Hidayat Mundur dari Ketua MK Semakin Kencang

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Ratusan Dekan dan mahasiswa dari berbagai kampus negeri maupun swasta di Yogyakarta menyatukan sikap mendorong kesediaan ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat melepaskan jab

  • 24 jam lalu

    Kepala SMKN 4 Tangerang Dipecat karena Pungutan Liar

    SERANG (EKSPOSnews): Gubernur Banten Wahidin Halim memecat Kepala SMKN 4 Tangerang karena diduga melakukan pungutan liar pada siswa."Saya pecat kepala sekolah yang melakukan pungutan liar. Apapun alas

  • 2 minggu lalu

    Chevron Bantu UMKM Riau

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) sejak 2015 hingga Desember 2017 menyalurkan bantuan kemitraan bergulir sebesar Rp2 miliar untuk 1.570 petani dan pelaku usaha mikro (UMKM)

  • 2 minggu lalu

    Pemkot Binjai Siapkan Lahan Kawasan Industri

    BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, mempersiapkan lahan seluas 130 hektare untuk pembangunan kawasan industri jasa dan perdagangan guna menjadikan daerah itu semakin maju dan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99