Jumat, 21 Sep 2018

Kejati Sumut Tangkap Tersangka Korupsi Dinas PU Deliserdang

Oleh: alex
Senin, 19 Feb 2018 09:34
BAGIKAN:
marsot
Kejaksaan Tinggi Sumut.
MEDAN (EKSPOSnews): Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menangkap Madison Silitonga, terpidana kasus korupsi Dinas Pekerjaan Umum di Kabupaten Deliserdang senilai Rp5,3 miliar tahun anggaran 2004.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut Sumanggar Siagian, di Medan,  mengatakan terpidana tersebut, diamankan di sebuah rumah Jalan Sei Blumai Medan, Jumat 16 Februari 2018 sekitar pukul 22.45 WIB.

Menurut dia, saat akan dilaksanakan eksekusi, terpidana itu tidak bersedia dan bahkan dia bersembunyi di atap rumah untuk menghindari penahanan yang akan dilakukan tim Kejati Sumut.

"Kemudian, tim Kejati Sumut melakukan upaya paksa dan menggeledah rumah terpidana," ujar Sumanggar, Senin 19 Februari 2018.

Ia menyebutkan, tim yang melakukan pencarian terhadap terpidana itu, Madison ke luar dari tempat persembunyiaannya dan melompat dinding tembok setinggi lebih kurang tiga meter untuk berusaha melarikan diri.

Namun, akhirnya terpidana tersebut berhasil diamankan Kejati Sumut. Terpidana yang melompat untuk menyelamatkan diri itu, juga mengalami luka di bagian tangan sebelah kanan.

"Terpidana tersebut, masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak bulan April 2012, " ucapnya.

Sumanggar mengatakan, terpidana tersebut diamankan berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 441/K/Pid/2006/MA tanggal 10 Agustus 2006, dan putusan PK Nomor 61.PK/Pid.Sus/2008 tanggal 16 September 2008.

Dalam putusan MA yang telah berkekuatan hukum tetap, Madison dihukum penjara selama tiga tahun dan denda Rp50 juta atau subsider lima bulan kurungan.

Dalam pembayaran ganti rugi tanah dan bangunan proyek pengendalian banjir dan pengamanan pantai di Medan, terpidana tidak mengikuti ketentuan panitia pengadaan tanah di Deliserdang, dan juga bertentangan dengan Keppres Nomor 35 Tahun 1993.

Terpidana yang juga Pimpinan Bagian Proyek Pengendalian Banjir itu, merugikan keuangan negara sebesar Rp5,3 miliar.

"Terpidana yang diamankan Kejati Sumut, dan telah diserahterimakan kepada Kejaksaan Negeri Deliserdang, Sabtu (17/2) selanjutkan dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lubuk Pakam untuk menjalani hukuman," kata juru bicara Kejati Sumut.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Kejati Sumut Teliti Berkas Perkara Dinas Perhubungan Samosir

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara meneliti berkas perkara tersangka RD, Kepala Bidang Angkutan Sungai dan Danau Dinas Perhubungan Samosir dalam kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun, di

  • 4 minggu lalu

    Kejati Sumut Tangkap Buronan Korupsi

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim Intel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menangkap Chairullah, mantan Penjabat Bupati Deli Serdang, buronan terpidana kasus korupsi bantuan Pembinaan Keamanan Ketertiban Pemilu Ta

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumut Ringkus Buronan Koruptor

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim Intel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara meringkus H Hasnil, terpidana kasus korupsi dalam penghitungan kelebihan Pembayaran Pajak Penghasilan PNS pada Sekretariat Kabupaten Langk

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumut tangkap Buronan Korupsi Kejati Riau

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menangkap buronan Marianne Donse Tobing (47) terpidana kasus korupsi Pemungutan Biaya Pemberian vaksin Meningitis Calon Jamaah Umrah p

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumut Kembalikan Berkas Kasus Kapal Tenggelam

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengembalikan berkas perkara empat tersangka kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tiga Ras, Kabupaten Simalungun kepada penyid

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99