Kamis, 18 Apr 2019

Kejati Sumut Tangkap Buronan Koruptor Pajak Reklame

Oleh: alex
Selasa, 06 Nov 2018 04:13
BAGIKAN:
marsot
Kejati Sumut.
MEDAN (EKSPOSnews): Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menangkap Alboin Siagian, terpidana kasus korupsi penggelapan uang pajak restoran dan reklame pada Dinas Pendapatan Kabupaten Deli Serdang sebesar Rp297 juta.

Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian, di Medan, mengatakan terpidana kasus korupsi itu dihukum lima tahun penjara berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA).

Namun terpidana korupsi itu, menurut dia, tidak dapat dilakukan eksekusi oleh Kejari Deli Serdang, karena sejak tahun 2016 buron dan tidak diketahui dimana keberadaannya.

"Jadi, hampir dua tahun lamanya terpidana korupsi itu menghilang dan masuk daftar pencarian orang atau DPO," ujar Sumanggar, Senin 5 November 2018.

Ia mengatakan, terpidana merupakan mantan pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Pemkab Deli Serdang, Sumatera Utara.

Terpidana itu ditangkap Tim Kejati Sumut bekerja sama dengan Kejari Deli Serdang, Minggu (4/11) sekitar pukul 23.00 WIB, di rumah Alboin, Jalan Pelajar, Medan.

"Penangkapan tersebut dilakukan, setelah Tim Kejati Sumut memantau terpidana selama dua hari di kediamannya," ujar mantan Kasi Pidum Kejari Binjai itu.

Sumanggar menjelaskan, pada pengadilan tingkat pertama Alboin dihukum 2 tahun 6 bulan penjara. Namun, terpidana itu menempuh upaya banding dan kasasi.

Mahkamah Agung dalam putusannya Nomor: 168 K/Pid.Sus/2016 menjatuhkan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp200 juta.

Terpidana juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp101 juta. Jika tidak dibayar, harta benda terpidana akan disita dan dilelang.

Apabila hasil lelang tidak mencukupi, maka Alboin dipidana selama enam bulan.

"Setelah ditangkap, Alboin dibawa ke Kejari Deli Serdang, dan selanjutnya dijebloskan ke Lapas Lubuk Pakam untuk menjalani hukuman," kata juru bicara Kejati Sumut itu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumut Tunggu Pelimpahan Perkara Kadis Perhubungan Samosir

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara masih menunggu pelimpahan perkara tersangka NS, Kepala Dinas Perhubungan Samosir dalam kasus tenggelam KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tiga

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumut Terima Surat Dimulainya Penyidikan Kasus Alih Fungsi Lahan di Langkat

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan atau SPDP terhadap Direktur PT ALAM dalam kasus alih fungsi hutan di Kabupaten Langkat dari peny

  • 4 bulan lalu

    Kejati Sumut Tangkap Koruptor Bank Agroniaga

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim penyidik pidana khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menangkap Mulyono, tersangka kasus dugaan korupsi pengajuan kredit fiktif di BRI Agroniaga Cabang Rantauprapat senilai Rp

  • 5 bulan lalu

    Kejati Sumut Limpahkan Perkara Mantan Bupati Tapanuli Tengah

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah melimpahkan berkas perkara tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah, berinisial ST, dalam kasus dugaan penipuan dan penggelepan proyek senilai

  • 6 bulan lalu

    Kejati Sumut Tangkap Buronan Kasus Kredit BRI Agroniaga

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim Pidsus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menangkap tersangka buronan berinisial BS, kasus dugaan korupsi pemberian kredit BRI Agroniaga Cabang Rantau Prapat senilai Rp11.765.000.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99