Rabu, 21 Nov 2018

Kejari Aceh Tahan Penggelap Pajak

Oleh: marsot
Sabtu, 20 Okt 2018 11:31
BAGIKAN:
istimewa.
Ditahan.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Banda Aceh menaham tersangka penggelapan pajak di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) dengan nilai mencapai Rp443 juta lebih.

Kepala Kejaksaan Negeri Banda Aceh Erwin Desman melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Negeri Banda Aceh Iskandar di Banda Aceh, mengatakan, tersangka berinisial SD. Tersangka SD ditahan untuk 20 hari ke depan.

"Tersangka SD ditahan di Rumah Tahanan Banda Aceh di Kahju, Aceh Besar. Tersangka ditahan karena dikhawatirkan melarikan diri serta menghilangkan barang bukti, serta tidak kooperatif saat pemeriksaan sewaktu persidangan nanti," ujarnya, Jumat 19 Oktober 2018.

Iskandar menyebutkan, tersangka merupakan Bendahara Jasa Layanan Badan Layanan Usaha Daerah Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh pada 2014. Tersangka diduga menggelapkan pajak rumah sakit milik Pemerintah Aceh tersebut.

"Tersangka SD tidak menyetorkan pajak yang sudah dipungut yakni PPh Pasal 21, 22, 23, dan SPT Masa PPn sejak Januari hingga Oktober 2014. Akibat perbuatan tersangka, negara dirugikan Rp443 juta lebih," tuturnya.

Perbuatan tersangka SD melanggar Pasal 39 Ayat (1) Huruf C dan Huruf I Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang ketentuan umum dam tata cara perpajakan sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 juncto Pasal 64 ayat 1 KUH Pidana.

Iskandar menyebutkan, kasus penggelapan pajak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh ditangani penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Aceh.

Kemudian, kata dia, berkas perkara beserta barang bukti dan tersangka dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Aceh melalui Kejaksaan Negeri Banda Aceh. Selanjutnya, kejaksaan akan membuat surat dakwaan sebelum dilimpahkan ke pengadilan.

"Kami segera membuat surat dakwaan dan melimpahkan perkara ini ke pengadilan. Sebelumnya, tersangka SD juga pernah dihukum percobaan enam bulan dalam perkara pidana asusila," ujar Iskandar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Kejari Aceh Limpahkan Kasus Damkar

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Banda Aceh akan segera melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran atau damkar senilai Rp17,5 miliar ke pengadilan."Berkas per

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99