Selasa, 21 Mei 2019

Inilah Modus Pidana Perikanan Menurut Menteri Susi

Selasa, 30 Agu 2016 05:11
BAGIKAN:
ist
Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.

JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan ada tiga modus praktik tindak pidana perikanan yang ditemukan saat melakukan inspeksi mendadak di Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar, Bali.

Temuan tiga modus, yakni pinjam izin, "ganti baju" dan pulang tanpa deregistrasi, ini didapatkan saat Menteri Susi bersama Satuan Tugas pemberantasan penangkapan ilegal atau Satgas 115 melakukan sidak pada 2 Agustus 2016.

Modus pertama, pinjam izin, dilakukan dengan kapal perikanan yang beroperasi menggunakan dokumen izin penangkapan ikan milik kapal lain.

"Modus ini dilakukan untuk mengelabui pengawas dan penegak hukum agar kapal yang sudah tidak memiliki izin dan yang dilarang operasi, dapat tetap beroperasi melakukan penangkapan ikan," kata Susi pada konferensi pers di Kantor KKP Jakarta, Senin 29 Agustus 2016.

Susi mengatakan modus kedua adalah modus bernama "ganti baju". Modus ini dilakukan kapal eks asing untuk mengubah kapal agar seolah menjadi kapal buatan dalam negeri yang umumnya kapal berbadan besi dilapisi kayu.

Dengan modus ini, pemilik kapal dapat mendaftarkan kapalnya pada izin kapal perikanan Provinsi Bali dan izin perikanan pemerintah pusat.

"Sebanyak 27 kapal yang menggunakan modus 'ganti baju' sedang tahap penyelidikan," ujar Susi.

Modus ketiga adalah pulang tanpa deregistrasi yang dilakukan pemilik kapal eks asing dengan cara keluar dari wilayah Indonesia tanpa melalui proses deregistrasi.

Susi menjelaskan alasan umum yang disampaikan adalah kapal akan dijual di luar negeri dan deregistrasi baru dilakukan setelah kapal tiba di negara tujuan.

Modus ini dilakukan karena pemilik kapal tidak dapat melaksanakan syarat deregistrasi, seperti menunjukkan validitas legalitas dokumen kapal.

Modus ini memungkinkan dilakukan dengan bantuan oknum birokrasi karena kapal ikan dapat keluar dari wilayah Indonesia.

Tindaklanjut dari temuan tersebut, salah satunya penyidik Polair telah menetapkan nakhoda kapal KM. Fransiska, SM, sebagai tersangka atas operasi penangkapan ikan dengan menggunakan dokumen kapal perikanan dalam negeri.

SM menggunakan modus pertama, yakni pinjam izin karena kapal yang sebenarnya berbadan fiber, namun pada dokumen tercatat sebagai kapal kayu.(ant)


  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Modus Penculikan karena Investasi Bitcoin

    MEDAN (EKSPOSnews): Modus penculikan dan penganiayaan yang dilakukan tersangka MN terhadap korban, dikarenakan masalah investasi bitcoin."Tersangka sudah banyak melakukan investasi uang hingga hampir

  • 7 bulan lalu

    Menteri Susi Kecewa Terhadap Pemkab Cianjur

    CIANJUR (EKSPOSnews): Menteri Kelautan RI Susi Pudjiastuti, kecewa dengan Pemkab Cianjur, Jawa Barat, yang kurang memperhatikan nasib ribuan nelayan di pantai selatan Cianjur.Pernyataan Susi diungkapk

  • 10 bulan lalu

    Modus Korupsi Bupati Labuhanbatu Libatkan Pegawai Bank Sumut

    JAKARTA (EKSPOSnews): KPK mengungkap modus baru pemberian suap kepada Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi memberikan atau menerima hadiah atau janji terkait pr

  • tahun lalu

    Modus Penipuan Pemberian Proyek di Jawa Barat

    BANDUNG (EKSPOSnews): Polisi menangkap seorang dari tiga pelaku pemerasan dengan modus akan memberikan proyek bidang irigasi kepada korbannya di Kabupaten Garut, Jawa Barat."Tertangkap satu orang pela

  • 2 tahun lalu

    Modus Suap Semakin Canggih dan Bervariasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan adanya modus baru penyamaran suap ke kepala daerah yaitu melalui klub bola kota setempat.Hal itu terungkap dari kasus dugaan suap

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99