Minggu, 31 Mei 2020

Gawat, Pengunjung Bawa 1 Kg Ganja ke Lapas Tanjung Gusta Medan

Selasa, 15 Nov 2016 05:58
BAGIKAN:
ist
Bungkusan ganja (ilustrasi).

MEDAN (EKSPOSnews): Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Medan menangkap seorang pengunjung berinisial D (35) yang ketahuan membawa narkoba jenis ganja kering seberat 1 kilogram di institusi hukum itu.

Humas Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara Josua Ginting mengatakan warga yang ditangkap membawa barang haram tersebut.

Menurut dia, tersangka D ingin bermaksud membesuk saudaranya warga binaan berinisial SH, terpidana kasus pembunuhan yang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Medan.

"Namun, belum lagi niatnya kesampaian dan akhirnya diringkus sipir karena terbukti memiliki narkoba yang dilarang pemerintah dan juga melanggar hukum," ujar Josua, Senin 14 November 2016.

Ia menyebutkan, tersangka itu, ditangkap setelah petugas Lapas Medan memeriksa barang bawaan dan didalamnya terbungkus dengan rapi ganja yang siap untuk dikonsumsi atau diedarkan.

Tersangka tersebut, tidak menduga bahwa petugas Lapas Medan akan memeriksa satu-persatu barang yang dibawa pengunjung, sebelum memasuki institusi milik pemerintah itu.

"Pemeriksaan, yang dilakukan kepada para pengunjung maupun tamu-tamu memasuki Lapas Medan, sudah merupakan peraturan atau SOP.

"Jadi, siapa saja yang memasuki Lapas tersebut, harus diperiksa dan digeledah, hal ini merupakan ketentuan, serta harus dilaksanakan secara ketat," ucapnya.

Josua`menjelaskan, pemeriksaan para pengunjung dan pembesuk, harus dilakukan untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini, serta demi terciptanya keamanan warga binaan.

Selain itu, pemeriksaan juga untuk mengantisipasi peredaran dan masuknya narkoba yang sangat berbahaya kedalam Lapas tersebut, serta merupakan ketentuan dari Kementerian Hukum dan HAM.

"Pihak Lapas Medan, juga telah menyerahkan pengunjung itu kepada kepolisian dan barang bukti ganja untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan," kata juru bicara Kanwil Kemenkum dan HAM Sumut.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Tarian Dayak Pukau Pengunjung

    TENGGARONG (EKSPOSnews):Penampilan tarian adat Dayak Modang, yakni tarian Hudoq, berhasil memukau pengunjung yang datang ke Festival Erau, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.Per

  • 3 tahun lalu

    Seorang Pengunjung Kuala Namu Tewas

    MEDAN (EKSPOSnews): Seorang pengunjung Bandar Udara Internasional Kuala Namu di Kabupaten Deliserdamg ditemukan tewas di dalam sebuah mobil yang di parkir.Petugas OIC Bandara Kuala Namu Indra yang dih

  • 3 tahun lalu

    Danau Toba Dibanjiri Pengunjung

    SAMOSIR (EKSPOSnews): Wisata pantai di sejumlah lokasi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah pada libur Imlek tahun 2017, Sabtu dan Minggu. &quo

  • 4 tahun lalu

    Danau Toba Dipadati Pengunjung

    PARAPAT (EKSPOSnews): Lokasi wisata Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun, dipenuhi pengunjung yang menikmati libur panjang akhir pekan dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hampir seluruh ruas

  • 4 tahun lalu

    Pasar Modern Palembang Dibanjiri Pengunjung

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Sejumlah pasar modern seperti Palembang Indah Mall, Palembang Square dan Internasional Plaza dipadati pengunjung usai lebaran.Pantauan lapangan Minggu, 19 Juli 2016 masyarakat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99