Selasa, 17 Sep 2019

Daging Sapi dan Kerbau Impor Ilegal

Oleh: marsot
Kamis, 04 Jul 2019 21:23
BAGIKAN:
istimewa.
Daging.
SURABAYA (EKSPOSnews): Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Jawa Timur membongkar perdagangan daging sapi dan kerbau impor asal Australia tak berizin yang tidak memenuhi sanitasi pangan.

Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara di Surabaya,  mengatakan pengungkapan kasus ini merupakan hasil penyidikan tim bersama Dinas Peternakan Provinsi Jatim.

Dari kasus ini polisi menetapkan pemilik UD SMN, SWR, yang beralamat di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, sebagai tersangka.

"Tersangka melakukan usaha penyimpangan distribusi daging sapi dan daging kerbau impor, serta daging lokal yang tidak memenuhi sanitasi pangan," ujarnya, Kamis 4 Juli 2019.

Dari pengungkapan tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang bukti antara lain, sebanyak 5.549 kilogram daging sapi impor, 740 kilogram daging kerbau impor, 1.000 kilogram kikil sapi, dan tiga kepala sapi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan Jawa Timur, Juliani, mengatakan yang bersangkutan melakukan pelanggaran dengan tidak memiliki nomor kontrol veteriner (NKV).

"Jadi, ini tidak memenuhi syarat. Karena unit usaha produk hewan itu, ada yang bernomor kontrol veteriner itu bisa ada di cold storage-nya, di pengolahannya. Dan kalau disini kami mengaudit di cold storage-nya," ucapnya.

Selain itu, daging impor tersebut belum mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan, Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner, lalu NKV juga harus disematkan ke produk makanan.

"Intinya, untuk penjaminan keamanan pangan. Jadi dasar untuk higenisanitasi," katanya.

Atas tindakan yang dilakukannya, tersangka dijerat Pasal 135 Jo Pasal 71 ayat (2) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman pidana penjara dua tahun atau denda paling banyak Rp4 miliar. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Kronologi Kasus Suap Impor Bawang Putih

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan kronologi tangkap tangan terkait kasus suap pengurusan izin impor bawang putih Tahun 2019.KPK pada Kamis (8/8) malam telah mengumum

  • 5 bulan lalu

    Importir Bawang Putih Asal Medan Tanam Bawang Putih di Magelang

    MAGELANG (EKSPOSnews): Importir bawang putih PT Sentosa Indo Permata yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara menanam bawang putih di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bermitra dengan sejumlah kelompo

  • 6 bulan lalu

    Bawang Impor dari India Kuasai Pasar Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Bawang impor dari India mendominasi sejumlah pasar tradisional di Aceh karena pasokan dari petani lokal belum mampu memenuhi permintaan pasar."Bawang merah ini dominan dari In

  • 6 bulan lalu

    Impor Bawang Putih Harus Libatkan Pengusaha Baru

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Assyifa Szami Ilman menilai penugasan Bulog sebagai importir bawang putih sebesar 100.000 ton perlu dikaji ulang dan melibatk

  • 6 bulan lalu

    Awasi Pabrik Pemrosesan Gula Impor

    JAKARTA (EKSPOSnews): Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) menyampaikan kepada pemerintah untuk mewaspadai penyamaran pembangunan pabrik untuk pemrosesan gula impor."Presiden waspadai berdiri

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99