Sabtu, 30 Mei 2020

Citra Sumut Semakin Busuk karena Ulah Koruptor

Minggu, 19 Jun 2016 14:49
BAGIKAN:
MEDAN (EKSPOSnews): Penetapan status tersangka untuk tujuh anggota DPRD Sumatera Utara dinilai semakin memperburuk citra provinsi itu di tingkat nasional.

Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin di Medan mengatakan citra Sumut sudah sangat buruk pascapenahanan lima pimpinan DPRD Sumut pada tahun 2015.

Pascapenahanan oleh KPK tersebut, terjadi dua hal yang sangat mengkhawatirkan yakni kemandegan proses pembangunan dan politik, serta merusak citra Sumut sebagai sebuah provinsi.

Citra Sumut menjadi buruk karena proses hukum yang dijalankan KPK tersebut juga melibatkan gubernur.

Yang terakhir, citra tersebut semakin buruk dengan adanya penetapan baru dari KPK terhadap tujuh anggota DPRD Sumut.

Muryanto yang juga Dekan Fisipl USI itu menilai penetapan tersangka untuk tujuh anggota DPRD Sumut tersebut menyebabkan daerah itu menempati peringkat pertama sebagai provinsi terkorup, disusul Riau dan Banten.

Dari pengalaman selama ini, Sumut telah menjadi "headline" pembicara dan berbagai kalangan sering menujukkan ekspresi yang kurang mengenakkan jika berbicara tentang Sumut.

"Kalau mendengar nama Sumut, mereka sudah geleng kepala saja. Bukan hanya di Jakarta, tetapi juga di provinsi lain," katanya, Minggu 19 Juni 2016.

Menurut Muryanto, citra yang semakin buruk tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dan gubernur-gubernur mendatang.

Tantangan itu bukan hanya terkait memperbaiki citra, tetapi juga kemampuan memaksimalkan pembangunan di tengah kekakuan dan ketakutan akibat ancaman proses hukum.

Perbaikan citra itu sangat penting dan membawa pengaruh dalam aktivitas masyarakat. "Kalau tidak mampu diubah, dikhawatirkan akan mengganggu psikologis masyarakat," katanya.

Sebelumnya, KPK menahan empat pimpinan dan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 pada tahun 2015 atas dugaan korupsi atau suap dari gubernur.

Kemudian, pada 16 Juni 2016, KPK juga mempublikasikan penetapan status tersangka terhadap tujuh anggota DPRD Sumut priode 2009-2014 lainnya.(ant)

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    MK Batalkan SK KPU Sumut untuk DPRD Provinsi Dapil 9

    JAKARTA (EKSPOSnews): Majelis Mahkamah Konstitusi melalui putusannya membatalkan Surat Keputusan KPU terkait rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk daerah pemilihan Sumut 9 DPRD Provinsi Sumatera

  • 12 bulan lalu

    3 Anggota DPRD Sumut Divonis 4 Tahun Penjara

    JAKARTA (eKSPOSnews): Tiga orang anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 divonis 4 tahun penjara karena terbukti menerima suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.Ketiga terdakwa terse

  • 12 bulan lalu

    Ketua GNPF MUI Sumut Akan Diperika Polda Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Heriansyah akan diperiksa di Mapolda Sumatera Utara, pascaaksi di depan Gedung DPRD setempat.Heriansyah kep

  • tahun lalu

    Sumut Barometer Stabilitas Nasional

    MEDAN (EKSPOSnews): Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara merupakan stabilitas Indonesia bagian barat."Sehubungan dengan itu, prajurit TNI-Polri harus

  • tahun lalu

    Ketua Bawaslu Sumut temui Pendemo

    MEDAN (EKSPOSnews): Aspirasi ribuan pendukung Capres-Cawapres Prabowo-Sandi di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaha dengan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99