Sabtu, 23 Nov 2019

Bea Cukai Tanjung Priok Tolak Pungli

Jumat, 21 Okt 2016 12:56
BAGIKAN:
ist
Pungutan liar (ilustrasi).

JAKARTA (EKSPOSnews): Bea Cukai Tanjung Priok yang berperan besar dalam menunjang kegiatan perdagangan internasional di Indonesia dengan berupaya konsisten menolak punggutan liar (pungli).

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Priok Fadjar Dony Tjahjadi mengatakan terus meningkatkan performa kerja salah satunya dengan memberikan pelayanan prima pada pengguna jasa.

Dikatakan, saat ini Bea Cukai Tanjung Priok telah memiliki 144 layanan unggulan, dimana 31 diantaranya telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

Sertifikasi tersebut menjadilkan layanan yang diberikan pada pengguna jasa lebih terukur dan memiliki kepastian waktu dan menerapkan janji layanan di tiap-tiap loket di kantor.

Kondisi pergerakan barang yang kian meningkat membuat para petugas Bea Cukai Tanjung Priok memberikan layanan 24 jam selama tujuh hari, katanya, Jumat 21 Oktober 2016.

Diharapkan kegiatan ekspor impor berjalan lancar. Untuk mengawal kepatuhan dan kinerja petugas, Bea Cukai Tanjung Priok menerjunkan Unit Kepatuhan Internal yang bertugas untuk memastikan layanan yang diberikan Bea Cukai Tanjung Priok sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku,: kata Fadjar.

Bea Cukai Tanjung Priok memiliki program unggulan "tolak, catat dan laporkan", sebagai bentuk strategi pencegahan pungli di lingkungan bea Cukai Tanjung Priok.

Para pengguna jasa dapat membuat laporan dan mengirimkannya ke unit kepatuhan internal untuk ditindaklanjuti hingga tuntas, katanya.

Selain itu, untuk memberikan informasi kepada pengguna jasa, Bea Cukai Tanjung Priok memiliki "client coordinator" yang siap membantu permasalahan ekspor-impor para pengguna jasa.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur Jakarta International Container Terminal, Riza Erivan mengungkapkan bahwa sebagai Operator Pelabuhan Petikemas Internasional (JICT) terbesar di Tanjung Priok sangat mengapresiasi upaya-upaya Bea Cukai Tanjung Priok dalam mencegah adanya pungli.

Dengan cara menerapkan sistem online yang terintegrasi dengan terminal, dan kerja sama di Joint In Gate JICT dan KOJA yang merupakan sistem pertama yg diterapkan di Indonesia, sehingga fungsi pengawasan dilakukan dengan manajemen kontrol dan "integrated data exchange".

"Kami juga sudah menandatangani Pakta Integritas untuk berkomitmen bersama dalam memberantas pungli di pelabuhan," kata Riza.(ant)


  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    RNI Minta Perlindungan Hukum Aset Negara Kepada Satgas Saber Pungli

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mengajukan permohonan perlindungan hukum terhadap aset negara kepada Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kemenk

  • 12 bulan lalu

    RNI Dorong Pengusutan Penyerobotan Lahan HGU PG Jatitujuh ke Satgas Saber Pungli

    JAKARTA (EKSPOSnews): Salah satu Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang agroindustri, PT PG Rajawali II, terus berupaya menyelesaikan permasalahan penyero

  • tahun lalu

    Saber Pungli Tangkap 2 Petugas Dinas Perhubungan Rembang

    TEMANGGUNG (EKSPOSnews): Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bereaksi keras atas tertangkapnya dua petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang dalam operasi tangkap tangan Saber Pungli.Ganjar di Teman

  • tahun lalu

    Ada Pungli pada Program Sertifikasi Gratis Pak Jokowi!

    PATI (EKSPOSnews): Warga Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengeluhkan tingginya biaya pengurusan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dikla

  • tahun lalu

    Pungli di Lembaga Pemasyarakatan Bukan Barang Baru Pak Menteri?

    TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): Sejumlah terdakwa dan narapidana kasus korupsi mengungkap pungutan liar yang dilakukan oknum petugas di Rumah Tahanan Klas 1 Tanjungpinang, Kepulauan Riau.Seorang napi kasu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99