Sabtu, 21 Apr 2018

Basrizal Koto Dituntut 3 Tahun Penjara

Oleh: marsot.
Jumat, 20 Okt 2017 00:34
BAGIKAN:
istimewa.
Jaksa Penuntut Umum (JPU).
PADANG (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum menuntut Basrizal Koto, pengusaha di Padang, Sumatera Barat, dengan hukuman penjara selama tiga tahun atas kasus dugaan pemalsuan dokumen.

"Menuntut terdakwa dengan hukuman tiga tahun penjara, karena melanggar pasal 263 ayat (1) KUHP," kata JPU pada Kejaksaan Tinggi Sumbar Raadi Oktia N Cs di Padang, Kamis 19 Oktober 2017.

Dalam tuntutan jaksa disebutkan hal yang memberatkan terdakwa karena telah merugikan PT KAI dan terdakwa tidak mengakui perbuatan selama persidangan digelar.

Sementara hal yang meringankan Basko telah berlaku sopan selama persidangan dan belum pernah dihukum sebelumnya.

Sementara penasihat hukum Basko, yaitu Bagindo Fahmi mengatakan, pihaknya akan mengajukan pembelaan (pledoi) secara tertulis pada sidang Senin (30/10).

"Kami akan menjawab tuntutan jaksa pada sidang selanjutnya di dalam pledoi, kami akan bicara tentang hukum pembuktian," katanya.

Ia menilai tidak ada keterangan saksi yang menyatakan bahwa dokumen itu palsu.

Sebelumnya, kasus yang menyeret pengusaha Basko itu berawal dari laporan PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat pada 2011 dengan nomor laporan polisi LP/194/XI/2011/SPKT-SBR.

Dalam laporan disebutkan bahwa Basko diduga telah membuat surat palsu untuk menerbitkan Hak Guna Bangunan (HGB) Nomor 200, HGB Nomor 201 dan HGB Nomor 205 terhadap sebidang tanah milik PT KAI yang berada di belakang PT BASKO, Jalan Prof Dr Hamka, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Setelah melalui proses penyidikan yang panjang, akhirnya berkas kasus itu dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa pada 8 September 2016.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    2 Penyuap Mantan Bupati Batubara Dituntut 3 Tahun Penjara

    MEDAN (EKSPOSnews): Dua terdakwa rekanan Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar dituntut masing-masing tiga tahun penjara, di Pengadilan Tipikor Medan, karena menyuap Bupati Batubara Nonaktif OK Arya Z

  • 10 bulan lalu

    Basrizal Koto Sakit, Sidang Ditunda

    PADANG (EKSPOSnews): Majelis hakim Pengadilan Negeri Klas I A Padang, Sumatera Barat (Sumbar), beri peringatan terhadap pengusaha Basrizal Koto (Basko) terkait surat sakit yang jadi alasan untuk tidak

  • 11 bulan lalu

    Jaksa Minta Eksepsi Basrizal Koto Ditolak

    PADANG (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tingi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar), meminta pengadilan menolak keberatan atas dakwaan (eksepsi) pengusaha daerah setempat, Basrizal Koto (Basko)

  • 11 bulan lalu

    Basrizal Koto Mulai Disidang

    PADANG (EKSPOSnews): Pengusaha asal Sumatera Barat (Sumbar), yaitu Basrizal Koto (Basko), jalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Klas I A Padang atas kasus dugaan pemalsuan surat."Sidang perdana t

  • tahun lalu

    Wah...Gatot Hanya Dituntut 3 Tahun Penjara

    MEDAN (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi, menuntut terdakwa mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho, tiga tahun penjara, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi M

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99