Kamis, 22 Agu 2019

Awas! Sindikat Narkoba Incar Anak-anak Jadi Kurir

Rabu, 31 Agu 2016 18:41
BAGIKAN:
ist
Narkoba (ilustrasi).

MEDAN (EKSPOSnews): Sindikat pengedar narkoba mulai memanfaatkan anak-anak menjadi kurir untuk mengelabui petugas dalam peredaran gelap barang terlarang itu.

Usai pemusnahan barang bukti narkoba di Medan, Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Edy Iswanto mengatakan, pihaknya telah menemukan pola baru dalam peredaran gelap narkoba itu di Sumut.

Namun karena masih termasuk anak-anak, pihak kepolisian memberlakukan proses yang berbeda dalam menangani anak yang terlibat dalam peredaran gelap narkoba itu.

Anak-anak yang dilibatkan menjadi kurir narkoba tersebut diproses dengan menerapkan UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Proses penanganannya lain, lama penahanan juga lain, kita juga bekerja sama dengan Bapas (Badan Pemasyarakatan)," katanya, Rabu 31 Agustus 2016.

Menurut dia, sindikat pengedar narkoba tersebut selalu menggunakan pola baru untuk mengelabui petugas dalam memperlancar bisnis ilegalnya.

Selain memanfaatkan anak-anak sebagai kurir, tidak jarang narkoba tersebut dikemas menjadi permen sehingga bisa masuk ke Tanah Air.

Pihaknya pernah menemukan pola itu dengan ditemukannya narkoba yang dikemas dalam bentuk permen dari Malaysia yang diselundupkan ke Aceh.

Setelah berhasil dimasukkan, narkoba dalam kemasan permen itu didistribusikan ke Medan, Jakarta, Ujung Pandang, dan daerah lain.

Pola lain yang juga sering digunakan adalah menyimpan narkoba di selangkangan atau diselipkan di celana dalam penumpang pesawat yang dijadikan kurir.

"Namun rata-rata dapat ditangkap dengan memanfaatkan anjing pelacak atau pengawasan petugas bea cukai," katanya.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Kurir Sabu-Sabu Divonis 20 Tahun Penjara

    AMBON (EKSPOSnews): Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhkan vonis 20 tahun penjara terhadap Andries Donal Wakano, kurir yang mengantarkan 86 gram narkotika golongan satu bukan tanaman jenis

  • 7 bulan lalu

    ABK KM Karibia Sindikat Narkoba Internasional

    MEDAN (EKSPOSnews): Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Irjen Pol Arman Depari mengatakan, anak buah kapal Karibia yang ditangkap membawa 70 kg sabu-sabu dan 10 ribu butir pil ektasi, diduga

  • tahun lalu

    Kurir Narkoba Malaysia Terancam Hukuman Mati

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau menyatakan kurir narkoba yang telah ditetapkan sebagai tersangka kepemilikan 10 kilogram sabu-sabu yang jaringan Malaysia te

  • tahun lalu

    Polres Tanjungbalai Amankan Kurir Narkoba

    TANJUNGBALAI (EKSPOSnews): Polres Tanjungbalai, Polda Sumatera Utara mengungkapkan keberhasilannya menangkap seorang pria berinitial A Alias S (55 tahun), tersangka pembawa narkotika jenis sabu-sabu s

  • 2 tahun lalu

    Polres Padangpariaman Tangkap Kurir Sabu

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat menangkap kurir sabu-sabu pada Selasa (19/12) sekitar pukul 22.18 WIB di Bandara Internasional Minangka

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99