Minggu, 21 Jan 2018

Ahok Tak Hadiri Undangan Gelar Perkara di Mabes Polri

Selasa, 15 Nov 2016 10:49
BAGIKAN:
ist
Ahok, Gubernur DKI Jakarta nonaktif.

JAKARTA (EKSPOSnews): Tim kuasa hukum Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memastikan kliennya tidak menghadiri undangan gelar perkara atas kasus dugaan penistaan agama yang rencananya dilakukan di Mabes Polri.

"Pak Ahok sudah konfirmasi pada kami bahwa beliau akan melakukan sosialisasi di rumah Lembang," kata tim kuasa hukum Ahok, Sirra Prayuna di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 15 November 2016.

Sirra beralasan timses Ahok sudah menjadwalkan kampanye di rumah Lembang sejak lama sehingga Ahok tidak bisa memenuhi undangan gelar perkara di Mabes Polri.

"Jadi beliau enggak bisa hadir dan hanya diwakili oleh kuasa hukumnya saja," tuturnya.

Pihaknya menghadirkan sembilan orang saksi ahli dalam gelar perkara. Ia pun mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan tim kuasa hukum Ahok dalam menghadapi gelar perkara tersebut."Kami tidak ada persiapan khusus, tentu kami ingin melihat mekanisme gelar perkara penyidik," ujarnya.

Gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama rencananya akan dilakukan di Gedung Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri pada Selasa (15/11), sehari lebih cepat dari jadwal sebelumnya, Rabu (16/11).

Dalam gelar perkara tersebut, para saksi ahli secara bergiliran akan memberikan pandangannya sesuai bidang keahlian masing-masing.

"Apa yang dijelaskan akan dicatat oleh tim penyidik. Mereka (saksi ahli) satu per satu diberi kesempatan untuk menjelaskan," kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Melalui gelar perkara ini, penyidik akan memutuskan tentang kemungkinan adanya unsur pidana dalam kasus tersebut dan jika ada maka kasus ini akan dilanjutkan ke proses penyidikan.

"Hasil gelar perkara paling lambat hari Kamis (17/11). Jadi kita tunggu saja proses gelar perkara dan perumusan hasilnya nanti akan disampaikan kepada masyarakat luas," ujarnya.

Gelar perkara tersebut akan dipimpin oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Dalam gelar perkara tersebut, Polri telah mengundang sebanyak 20 saksi ahli untuk turut hadir. Sementara perwakilan dari berbagai instansi dan lembaga terkait juga diundang diantaranya Ombudsman RI dan Kompolnas.

Sementara dari unsur internal Polri yang hadir dalam gelar perkara tersebut yakni dari Profesi dan Pengamanan (Propam), Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) serta Biro Pengawasan dan Penyidikan (Wasidik).(ant)


  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Brigjen Pol Agus Rianto Ditarik ke Mabes Polri

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Brigjen Pol Agus Rianto yang menjabat Wakil Kapolda Papua dimutasi dan diangkat dalam jabatan baru sebagai Karo Tekkom Divisi TIK Polri sebagaimana dituangkan dalam Surat Telegr

  • 7 bulan lalu

    Mabes Polri Batalkan SK Alokasi Putra Daerah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Polisi Arief Sulistyanto mengatakan pihaknya membatalkan Surat Keputusan Kapolda Jabar soal penerapan kuota putra daerah da

  • 7 bulan lalu

    Mabes Polri Tangani Penerimaan Akpol Jawa Barat

    BANDUNG (EKSPOSnews): Mabes Polri mengambil alih proses penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dari panitia daerah Polda Jawa Barat, menyusul adanya kekisruhan orangtua calon taruna yang terjadi

  • 8 bulan lalu

    Ahok Segera Dieksekusi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan segera mengeksekusi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari Rutan Mako Brimob, Depok ke rutan yang ditentukan pascapencabutan permohonan banding oleh jaksa penuntut umum.

  • 8 bulan lalu

    Soal Pencabutan Banding Ahok. Kejaksaan Belum Ambil Sikap

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan belum bersikap atas pencabutan berkas banding Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pascavonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara yang memvonis 2 tahun penja

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99