Rabu, 21 Agu 2019

AM Fatwa Terpukul karena Anggota DPD Ditangkap KPK

Sabtu, 17 Sep 2016 12:04
BAGIKAN:
ist
Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

PURWOKERTO (EKSPOSnews): Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah AM Fatwa menyesalkan ada anggota DPD yang tertangkap oleh KPK, yang semakin memperburuk citra institusinya yang seharusnya menjalankan fungsi pengawasan dalam jalannya pemerintahan.

"Saya bukan hanya menyesalkan namun terpukul karena ada anggota DPD yang tertangkap KPK," katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu 17 September 2016.

Dia mengatakan, institusi DPD seharusnya mengawasi jalannya pemerintahan agar berjalan sesuai aturan, namun kalau ada anggota DPD tertangkap karena korupsi malah kontra-produktif dengan tujuannya.

Namun dia menilai siapapun bisa terjerat kasus korupsi, mulai dari pejabat di tingkat bawah hingga atas sehingga masing-masing pihak harus pintar menjaga diri dan tidak melakukan pelanggaran hukum.

"Saya sudah dua kali menjadi anggota DPR pasca reformasi, periode pertama langka berita seperti ini (anggota dewan terjerat korupsi) namun sekarang seperti ini, institusi parlemen jadi jelek," ujarnya.

Anggota DPD dari DKI Jakarta itu mengatakan dirinya belum tahu pasti identitas anggota DPD yang tertangkap Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) pada Sabtu (17/9) dini hari.

Dia mengatakan Sabtu (17/9) akan ke KPK untuk memastikan siapa anggota DPD yang tertangkap itu dalam kapasitasnya sebagai Ketua BK DPD.

"Ketua BK DPR tugas pokoknya adalah membela kehormatan anggota dewan dan memberikan sanksi kepada anggota," katanya.

Sebelumnya, KPK menangkap tangan satu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sabtu dini hari di Jakarta.

"Tolong ditunggu konpers, Inshaa Allah diadakan siang/sore hari ini di gedung KPK," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta.

Hingga kini belum diketahui identitas anggota DPD yang ditangkap tersebut.

KPK punya waktu 1X24 jam untuk menentukan status orang yang diamankan dalam operasi tangkap tangan.(ant)


  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Inilah Nama 20 Kepala Daerah yang Ditangkap KPK

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (26/7) malam hingga Jumat dini hari melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di antaranya Bupati Lampung Selatan, Zainuddin Hasan."Bet

  • tahun lalu

    Anggota DPD Tak Boleh dari Partai Politik

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusannya menegaskan bahwa anggota DPD sejak Pemilu 2019 dan pemilu-pemilu setelahnya tidak boleh diisi oleh pengurus partai politik."Untuk sela

  • 2 tahun lalu

    Penggilingan Beras Terpukul

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengamat pertanian Khudori menilai kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras telah mengeliminasi usaha penggilingan di tengah gejolak harga beras yang tinggi."Dengan HET, yang

  • 2 tahun lalu

    MA Benarkan Ketua Pengadilan Tinggi Manado Ditangkap KPK

    JAKARTA (EKSPOSnews): Juru Bicara Mahkamah Agung Suhadi mengakui bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi telah mengamankan Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sulawesi Utara."Kalau menurut informasi awal, (yan

  • 3 tahun lalu

    Musibah Menimpa DPD, Anggotanya Ditangkap KPK

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Komite IV DPD RI Ajip Padindang menyatakan berita tertangkapnya anggota DPD RI oleh KPK dalam operasi tangkap tangan pada Sabtu dinihari ini adalah musibah. "S

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99