Minggu, 21 Jan 2018

3 Pengusaha Terlibat Penggelapan Pajak Diadili

Oleh: Alex
Rabu, 13 Sep 2017 04:37
BAGIKAN:
istimewa
Pengadilan.
MEDAN (EKSPOSnews): Tiga pengusaha yang terlibat kasus penggelapan pajak sebesar Rp7.985.500.000 di sejumlah wilayah kerja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kota Medan diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Netty Silaen dalam dakwaannya di Pengadilan Tipikor Medan,  menyebutkan penggelapan pajak tersebut terjadi pada Januari 2007 hingga Januari 2008.

Saat itu, menurut Jaksa, terdakwa Rudi Nasution, Direktur PT PWS secara bersama-sama dengan terdakwa Tiandi Lukman, pemilik PT JST dan terdakwa Hendra Gunawan, Direktur PT BIP (perkara terpisah) serta Zulpan (DPO), Direktur PT ABF menyetorkan biaya pajak ke KPP Kota Medan.

"Biaya pajak yang disetorkan tersebut atas nama tiga perusahaan yang mereka kelola selama ini yang beroperasi di wilayah Kota Medan," ujarnya, Selasa 12 September 2017.

Kemudian, ketiga pengusaha tersebut membayarkan pajak ke KPP Kota Medan dengan jumlah tunggakan pajak yang mencapai sebesar Rp79.585.025.850.

Pembayaran tunggakan pajak para pengusaha itu diterima petugas pajak pada KPP Kota Medan.

Namun setelah dilakukan audit oleh petugas pajak dan ditemukan adanya penyimpangan dan menimbulkan kerugian negara senilai Rp7,9 miliar.

Ketiga pengusaha itu, dijerat melanggar Pasal 39 ayat (1) hurup (e) Jo Pasal 43 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 1993 tentang Ketentuan Tata Cara Perpajakan sebagaimana diubah UU Nomor 16 Tahun 2000 Jo UU Nomor 28 Tahun 2007 Jo Pasal 64 (1) Pasal 65 KUH Pidana.

Sidang yang dipimpin Majelis Hakim Ketua Marsudin Nainggolan dilanjutkan Selasa (19/9) depan untuk mendengarkan eksepsi para terdakwa atas dakwaan Jaksa.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Pengusaha Dukung Pengembangan Pelabuhan Langsa

    LANGSA (EKSPOSnews): Pengusaha sangat mendukung keinginan Pemerintah Kota Langsa yang akan mengembangkan Pelabuhan Kuala Langsa ekspor impor, sehingga perekonomian di daerah itu dan umumnya Provinsi A

  • 3 bulan lalu

    Hutan di Kalimantan Tengah Dikuasai Pengusaha

    PALANGKA RAYA (EKSPOSnews): Sekurangnya 5,1 juta hektare kawasan hutan dari 15,3 juta hektare total luas wilayah Provinsi Kalimantan Tengah masih dikuasai kalangan pengusaha pemilik perusahaan besar s

  • 6 bulan lalu

    Mandiri Jadi Pengusaha Mebel

    Titin Rumiati, seorang penerima manfaat Program Keluarga Harapan yang telah mandiri kini menjadi pengusaha mebel di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat."Terima Kasih kepada pemerintah dan PKH saya sudah ma

  • 6 bulan lalu

    Pengusaha Eropa Jajaki Investasi di Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): Sejumlah pengusaha dari Eropa menjajaki peluang berinvestasi di Sumatera Barat, di antaranya dalam bidang perdagangan, perkebunan, perikanan, pariwisata, dan energi terbarukan."Su

  • 7 bulan lalu

    Istri Pengusaha Medan Jadi Tersangka Pemalsuan

    MEDAN (EKSPOSnews): Polda Sumatera Utara diketahui menetapkan seorang berinisial RTJ, istri seorang pengusaha di Medan, sebagai tersangka dugaan pemalsuan dokumen penetapan sebagai wali pengampu untuk

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99