Selasa, 19 Jun 2018

2 Pabrik Rokok Besar Akan Digugat

Oleh: alex
Sabtu, 10 Mar 2018 06:34
BAGIKAN:
istimewa.
Rokok.
JAKARTA (EKSPOSnews): Pegiat Solidaritas Advokat Publik untuk Pengendalian Tembakau (Sapta) Indonesia Azas Tigor Nainggolan mengatakan pihaknya akan menggugat dua industri rokok besar yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur bila somasi yang dilayangkan Rohayani tidak digubris.

"Sampai detik ini, kedua perusahaan rokok itu tidak menggubris somasi yang telah disampaikan. karena itu kami akan mengambil langkah yang telah disediakan dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, yaitu mengajukan gugatan," kata Tigor dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat 9 Maret 2018.

Rohayani, seorang perokok yang dihadapkan pada dampak negatif rokok setelah merokok selama 40 tahun, melayangkan somasi kepada dua industri rokok tersebut untuk memberikan ganti rugi.

Tuntutan tersebut berdasarkan Pasal 19 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang berbunyi "Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran dan atau kerugian konsumen akibat mengonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan".

Somasi tersebut tertanggal 19 Februari 2018 dan diterima oleh kedua perusahaan rokok pada awal Maret 2018. Rohayani dan SAPTA memberi waktu kepada kedua industri rokok itu untuk memberikan ganti rugi selambat-lambatnya tujuh hari sejak somasi tersebut diterima.

"Industri rokok tidak mencantumkan secara detail bahaya rokok dan komposisinya merupakan pelanggaran dari kewajiban mereka untuk memberikan informasi yang jelas dan jujur mengenai barang yang dihasilkan atau diperdagangkan," tuturnya.

Terhadap industri rokok yang berlokasi di Jawa Tengah, Rohayani mengajukan somasi dengan tuntutan ganti rugi Rp293.068.000 sebagai nilai uang yang digunakan untuk membeli rokok produksi industri tersebut, biaya perawatan kesehatan untuk mengobati kecanduan dan meningkatkan kualitas hidup dan santunan Rp500 miliar.

Sedangkan terhadap industri rokok yang berlokasi di Jawa Timur, Rohayani mengajukan somasi dengan tuntutan ganti rugi Rp178.074.000 sebagai nilai uang yang digunakan untuk membeli rokok produksi industri tersebut, biaya perawatan kesehatan untuk mengobati kecanduan dan meningkatkan kualitas hidup dan santunan Rp500 miliar. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    6 Izin Pabrik Rokok di Jatim Dicabut

    TULUNGAGUNG (EKSPOSnews): Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Pratama Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, telah mencabut izin produksi enam pabrik rokok yang beroperasi di wilayah tersebut s

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99