Jumat, 28 Feb 2020
  • Home
  • Hiburan
  • Tarian Sirih Layang Pekasih dari Suku Anak Dalam

Tarian Sirih Layang Pekasih dari Suku Anak Dalam

Oleh: alex
Selasa, 21 Agu 2018 03:50
BAGIKAN:
istimewa.
Suka Anak Dalam (SAD).
JAMBI (EKSPOSnews): Peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 dari Maluku Utara mendapat suguhan tarian "Sirih Layang Pekasih" dari Suku Anak Dalam, saat berkunjung ke SMA Titian Teras Abdurrahman Sayoeti di Pijoan, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Tarian yang dimainkan siswa-siswi SMA Titian Teras itu, salah satu tarian dari Suku Anak Dalam (SAD) atau orang rimba Jambi.

Tarian itu menceritakan Suku Anak Dalam yang sakit parah, hingga lumpuh yang dapat disembuhkan dengan menggelar upacara disertai tarian tersebut.

Sebanyak lima penari tampak memakai busana Suku Anak Dalam saat menyuguhkan tarian tersebut, sedangkan peserta SMN Malut telihat memperhatikan makna tarian tersebut.

"Kita kagum ya diperkenalkan budaya Jambi salah satunya tarian Suku Anak Dalam. Ini menarik dan tidak ada di Malut," kata Darwin, pendamping peserta SMN Malut, Senin 20 Augustus 2018.

Ia mengatakan apa saja budaya yang diperkenalkan oleh Jambi kepada peserta SMN Malut selanjutnya akan tersosialisasikan di Malut.

Kepala Sekolah SMA Titian Teras Abdurahman Sayoeti, Teguh, menceritakan sejarah berdirinya sekolah itu mulai dari status swasta hingga negeri.

"SMA Titian Teras adalah sekolah 'boarding' (asrama, red.) berdiri tahun 1994 dan berstatus negeri pada tahun 2012. Titian Teras sudah berkiprah di Jambi 25 tahun dan banyak alumni yang bekerja di perusahaan nasional dan internasional," katanya.

Setiap tahun, kata dia, ada saja lulusan SMA Titian Teras yang berhasil masuk Akademi Kepolisian, STPDN, dan STAN.

Dia mengatakan SMA Titian Teras menjadi salah satu SMA pilihan masyarakat Jambi karena siswa setiap hari diajarkan kedisiplinan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan belajar mengajar.

Petugas Panitia SMN wilayah Jambi, Saili yang juga mendampingi peserta SMN Malut tersebut, mengatakan kunjungan siswa ke SMA Titian Teras merupakan rangkaian kegiatan SMN Malut di Jambi.

Ia mengatakan kegiatan SMN berupa pertukaran pelajar yang masuk dalam salah satu program BUMH Hadir Untuk Negeri, hingga saat ini telah memasuki tahun keempat.

Pada tahun ini, PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5, dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi, melaksanakan program tersebut dengan mengirimkan peserta SMN asal Jambi ke Maluku Utara dan sebaliknya.

Dalam kunjungan peserta SMN Malut ke SMA Titian Teras itu, juga diserahkan bantuan buku kepada SMA Titian Teras dalam program berbagi buku BUMN. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Memberikan Pelayanan Kesehatan Bagi Suku Anak Dalam

    JAMBI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batanghari memberikan pelayanan kesehatan dan menggelar Bakti Sosial (Baksos) di pemukiman warga orang rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) yang berm

  • 2 tahun lalu

    5 Orang Suku Anak Dalam Terpaksa Ditembak Kakinya

    JAMBI (EKSPOSnews): Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS mengatakan kasus penyerangan Mapolsek Pelepat di Kabupaten Bungo yang dilakukan sekelompok orang rimba atau Suku An

  • 2 tahun lalu

    Lahan untuk Suku Anak Dalam Tak Bisa Dieksekusi

    JAMBI (EKSPOSnews): Bupati Sarolangun, Cek Endra menyatakan status pemberian izin lahan dari pemerintah pusat untuk Suku Anak Dalam (SAD) di kabupaten yang masuk Provinsi Jambi itu tidak bisa diekseku

  • 3 tahun lalu

    Memanusiakan Suku Anak Dalam

    SAROLANGUN (EKSPOSnews): Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan 23 unit rumah yang dibangun Kementerian Sosial bagi Suku Anak Dalam, di Desa Pulau Lintang, Kabupaten Sarolangun, Provinsi J

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99