Minggu, 24 Jun 2018
  • Home
  • Hiburan
  • Seniman Sunda Meriahkan Idulfitri di London

Seniman Sunda Meriahkan Idulfitri di London

Oleh: alex
Senin, 11 Jun 2018 18:40
BAGIKAN:
wikipedia.
Inggris.
JAKARTA (EKSPOSnews): Seniman Sunda Iman Jimbot dan kawan-kawan bakal memeriahkan perayaan Hari Raya Idulfitri di London.

Pensosbud KBRI London, Okky Diane Palma  di Jakarta, menyebutkan, kehadiran Jimbot di London tidak lepas dari keterkesanan Dubes Indonesia untuk Inggris Raya dan Irlandia Rizal Sukma mengenai penampilan Jimbot dua tahun lalu dalam acara "Indonesia Weekend" di Potters Field, pinggiran Sungai Thames, yang tidak jauh dari komplek kantor wali kota Inggris.

Rizal Sukma ingin menghadirkan kembali Jimbot kepada masyarakat Indonesia dan juga warga lokal saat silaturahim Idulfitri di Wisma Nusantara, kediaman Dubes RI di London Utara.

Rizal Sukma mengatakan kehadiran grup musik Iman Jimbot dalam silaturahim Idulfitri ini dimaksudkan untuk menyajikan warna musik yang sesuai dengan suasana Idulfitri dengan rasa kombinasi kultural tradisional Indonesia dan Inggris.

"Iman Jimbot banyak menggarap musik-musik eksperimental berbasis Sunda yang digabungkan dengan alat-alat musik moderen. Ini sangat sesuai dengan cita rasa masyarakat setempat," ujar Rizal, Senin 11 Juni 2018.

Selain itu, pihaknya ingin juga ingin memperkenalkan ragam musik lain kepada masyarakat Inggris yang sejauh ini sudah dikenal sangat menggandrungi musik gamelan. Dengan demikian, bukan hanya gamelan yang bisa diterima oleh masyarakat lokal Inggris, tapi juga jenis musik lain yang tidak kalah menariknya dan layak untuk dinikmati.

Dalam hal ini kecapi suling dan tembang-tembang dari Sunda. Meskipun berasal dari Aceh, selama kuliah di Bandung di dekade 1980-an Dubes sangat menggandrungi kesenian Sunda.

Upaya membawa Iman Jimbot yang cukup populer dan merambah blantika musik di Tanah Air dan internasional dalam acara populernya seperti "Jimbot goes to Mall", "Jimbot goes to Pesantren" atau "Torotot Jimbot ti Sunda ka Jomantara".

Atdikbud KBRI London E Aminudin Aziz menyebutkan pemilihan Iman Jimbot untuk mengisi silaturahim Idulfitri di kediaman Dubes RI di London sangat tepat mengingat latar belakang Iman Jimbot sebagai orang pesantren.

Jimbot merupakan bagian dari Pesantren Suryalaya asuhan Abah Anom (alm) di Tasikmalaya dan sampai sekarang masih banyak terlibat dalam acara-acara yang digelar oleh pesantren tersebut.

Selain itu, musik yang ditawarkan Jimbot juga sejalan dengan selera musik masyarakat Inggris yang pada dasarnya penuh dengan kelembutan.

Aminudin yakin musik yang dibawakan Iman Jimbot akan bisa diterima dan dinikmati masyarakat Indonesia di London dan juga masyarakat lokal Inggris. "Ada senyawa antara musik tradisional Indonesia dan musik yang digandrungi masyarakat Inggris," ujar Aminudin.

Aminudin menjelaskan selama berada di Inggris, selain mengisi acara di KBRI, tim musisi Iman Jimbot dkk juga akan mengisi berbagai pertunjukan dan "workshop" bersama musisi lokal. Iman Jimbot banyak dikenal sebagai musisi eksprimental berbasis alat musik Sunda.

Selain sering manggung di mancanegara dengan membawakan lagu-lagu Sunda yang diolah kembali dalam racikan baru, Jimbot juga banyak berkolaborasi dengan musisi dan penyanyi mancanegara. Selama ini, Jimbot juga pernah tampil di Australia, Jepang, Belanda, Spanyol, dan Inggris.

Iman Jimbot berencana tampil di St Mary's Music Hall, Havering London Timur, di School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London, di sekolah musik Brentwood dan di University of Birmingham.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99